My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tujuh Kapal Ikan China Disita Negara

01 Juli
19:37 2008

Hari Suroto – indosmarin.com

Merauke – Sedikitnya tujuh kapal ikan berbendera China, yang ditangkap TNI-AL dalam suatu operasi keamanan laut, disita menjadi milik negara. Adapun keputusan penyitaan ini diambil Pengadilan Negeri (PN) Merauke. Ketujuh kapal ini masing-masing bernama MV Hai Feng -01, MV Hai Feng -02, MV Hai Feng -03, MV Hai Feng -06, MV Hai Feng -07  MV Hai Feng -09,dan  MV Hai Feng -10.

PN Merauke melalui surat putusannya  menyatakan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana secara bersama-sama melakukan dengan sengaja kegiatan pengelolaan perikanan dan penangkapan ikan, serta mengoperasikan kapal penangkap ikan dengan tidak dilengkapi  Surat Ijin Usaha Perikanan (SIUP) dan Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI).

Menjatuhkan Pidana penjara kepada terdakwa masing-masing  tiga tahun penjara dan denda Rp 700.000.000 subsider tiga bulan kurungan dan menetapkan barang bukti berupa kapal beserta perlengkapannya, dokumen berbahasa China dan hasil lelang disita untuk negara. Pengadilan juga membebankan kepada para terdakwa membayar biaya perkara masing-masing Rp 5000. Dengan keputusan PN Merauke yang sudah berkekuatan hukum tetap itu, berarti seluruh proses hukum telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *