My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tim Ekspedisi Pulau Terdepan Nusantara Tiba di Bengkalis

17 Juli
23:48 2008

situasi BengkalisWanadri – indosmarin.com

Bengkalis – Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara tinggal beberapa hari lagi untuk menuntaskan misi ekspedisi di Kepulauan Natuna. Pada Kamis (17/7) Tim berada di Kabupaten Bengkalis untuk memulai penjelajahan ke pulau-pulau kecil terluar di Provinsi Kepulauan Riau ini.

Kamis pagi, Tim berangkat dari Dumai menuju Bengkalis pukul 08.00 WIB. Enam jam perjalanan dihabiskan menuju Pulau Bengkalis ini. Bengkalis merupakan tempat terakhir menuju Pulau Iyu Kecil, pulau terluar di wilayah ini.

Menurut rencana pada Jumat (18/7), Tim direncanakan bertemu dengan Bupati Kabupaten Bengkalis di Selat Panjang. Hal ini terkait dengan perijinan yang sebelumnya dilakukan kepada aparat pemerintahan setempat. Pelepasan Tim Ekspedisi juga akan dilakukan Bupati.

Selama perjalanan, cuaca kurang begitu bersahabat. Haris Mulyadi, Ketua Tim, menyatakan tiga hari ini cuaca masih buruk.

“Berkali kali jalannya kapal tak stabil karena besarnya ombak” ujarnya. Kapal sulit untuk dikendalikan dan mengakibatkan bahan bakar menjadi boros. Baru beberapa Mil menjelang daratan kapal kembali stabil.

Sebelumnya, di Panimpahan, Tim ekspedisi menemukan perkampungan di atas air. Rumah panggung kokoh berdiri di sekitar perairan Panimpahan. Panimpahan terletak di sebelah utara Bagansiapiapi. Mayoritas penduduknya beretnis Tionghoa. Bahkan bahasa sehari hari yang mereka gunakan pun bahasa Mandarin.

Sementara, Pulau Iyu Kecil terletak di Selat Malaka dengan aktivitas laut yang sangat sibuk. Posisinya berdekatan dengan Malaysia dan Singapura. Beberapa penambangan pasir ilegal pernah terjadi di pulau ini. Pulau yang tak berpenghuni ini hanya mempunyai luas sekitar 0,02 Km persegi(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.