My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Raja Ampat, Wisata Bahari Terbaik

28 Juli
00:00 2008
Raja Ampat, Wisata Bahari Terbaik

Muliarta-Indosmarin.com
Kuta Bali
– Dari puluhan kawasan wisata bahari di Indonesia, kawasan wisata bahari Raja Ampat merupakan kawasan wisata bahari terbaik di Indonesia. Raja Ampat memiliki menjadi pilihan utama wisata bahari di Indonesia dibandingkan Wakatobi, Komodo dan Bunaken.
Penilaian ini disampaikan langsung Ketua Umum Gabungan pengusaha Wisata Bahari Indonesia (Gahawisri) Feisol Hasim di Kuta Bali (26/7). Menurut Feisol, Raja Ampat memiliki hamparan trumbu karang yang cukup baik dibandingkan kawasan wisata bahari lainnya di Indonesia. Selain itu kawasan Raja Ampat juga memiliki panorama dan keragaman ekosistem yang cukup banyak.
Feisol mengungkapkan walaupun kawasan wisata bahari Raja Ampat belum memiliki infrastruktur yang memadai, tetapi wisata bahari Raja Ampat tidak boleh dijual murah. “Jangan jadikan Raja Ampat sebagai destinasi yang murah, karena Raja Ampat memiliki potensi yang cukup baik” tegas Feisol Hasim.
Feisol berharap masyarakat di sekitar kawasan Raja Ampat mampu menjaga kelestarian lingkungan demi terwujudnya pariwisata kerakyatan. “Kekayaan itu titipan anak cucu, jangan dirusak. Kita saat ini hanya meminjam dan tidak mempunyai hak untuk menghabiskan titipan yang dipercayakan ke kita” kata Feisol.Hasim
Camat Misol Timur, Kabupaten Raja Ampat, Muhiddin mengakui keterbatasan pengembangan kawasan wisata Raja Ampat terjadi akibat minimnya infrastruktur. Selain itu juga terganjal pada masalah letak geografis. “Hubungan transfortasi ada tetapi terbatas, transfortasi juga tidak berjalan secara reguler” ujar Muhiddin.
Muhhiddin berharap adanya aturan yang jelas dalam pengembangan pariwisata bahari di Raja Ampat. Sebab akibat tidak adanya aturan menyebabkan investor masih setengah hati untuk menanamkan investasi di Raja Ampat.
Sedangkan menyinggung upaya untuk mengembangkan Raja Ampat sebagai kawasan wisata bahari kerakyatan, Mudhiddin menyatakan untuk melakukan investasi masyarakat lokal masih terganjal pada masalah permodalan(*)

3 Komentar

  1. kamasan
    kamasan Agustus 14, 12:19

    Raja Ampat merupakan kepulauan dan sudah menjadi kabupaten baru / pemekaran. Namun sampai sekarang pemerintah tidak pernah memperhatikan fasilitas pelabuhan yang baik, sehingga kapal-kapal penumpang yang bisa memuat lebih banyak penumpang bisa menjangkau raja ampat. seharusnya ini yang dianggarkan oleh pemerintah !!!!!

  2. nikson moom
    nikson moom Januari 20, 20:25

    raja ampat memang diakui sebagai satu daerah yang memiliki potensi wisata dengan taman laut yang luar biasa, bahkan diakui sebagai taman laut terindah di dunia, namun sayangnya pemerintah daerah kurang memperhatikan dari segi pendidikan yang dikususkan untuk putra-putri papua dalam hal ini pendidikan untuk putra-putri raja ampat di bidang pariwisata, oleh sebab itu saran saya kepada pemerintah raja ampat agar lebih fokus untuk membiayai putra-putri raja ampat untuk dapat menempauh pendidikan di bidang pariwisata di banding disiplin ilmu yang lain,

  3. bagus
    bagus November 28, 19:31

    buagus banget

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.