My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Puluhan Ton Ikan dan Udang Kering Diamankan TNI-AL

13 Juli
00:50 2008

Dispenarmatim – indosmarin.com

Surabaya – Kapal Perang RI (KRI) Abdul Halim Perdanakusuma-355, pada Minggu (13/7) berhasil mengamankan sedikitnya tiga puluh ton ikan campuran dan udang kering. Adapun puluhan ton ikan dan udang ini berhasil diamankan dari KMN Laut Arafuru yang dinakhodai Pranly Rungkat.

Selain KMN Laut Arafuru, turut diamankan pula KMN Laut Timur yang dinakhodai Ali Taher, karena menangkap jenis ikan yang bukan menjadi target penangkapan atau tidak sesuai dengan jenis kapal dan alat penangkap ikan. Kedua kapal ini milik PT Sinar Abadi Cemerlang dan masing-masing berbobot mati 166 GT dan 155 GT.

Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, Letkol Laut (P) Dadi Hartanto mengatakan bahwa atas kegiatan ilegal fishing ini, kedua kapal beserta tiga puluh dua anak buah kapal (ABK) langsung dikawal menuju Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tual guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya di tempat terpisah, KRI Multatuli-561 yang dikomandani Letkol Laut (P) Nanang Eko Ismurdianto, berhasil mengamankan sebuah LCT Eka Kurnia Raja Ampat milik PT Eka Kurnia Baru. Kapal LCT Eka Kurnia diamankan di sekitar perairan Laut Seram, Maluku, (8/7). LCT yang dinakhodai Achmad Pabo tersebut kedapatan tidak dilengkapi dokumen yang sah, diantaranya Surat Ijin pengoperasian kapal tramper yang sudah mati, tidak memiliki sertifikat GRS muat serta ketiga ABK nya tidak disijil. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, pihak TNI AL mengawal kapal yang bercat putih hijau ini ke Lanal Sorong(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *