My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Perempuan Nelayan Minta Pemerintah Permudah Akses Asuransi Nelayan

 Breaking News
22 Januari
15:00 2019
Perempuan Nelayan Minta Pemerintah Permudah Akses Asuransi Nelayan

Jakarta – Jaringan Perempuan Nelayan, meminta kepada Presiden Joko Widodo agar pemerintah mempermudah perempuan nelayan untuk mengakses asuransi nelayan dan layanan bank mikro. Hal ini disampaikan Nur Hidayah yang mewakili Jaringan Perempuan Nelayan saat bertatap muka dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (22/1).

Kepada Presiden Joko Widodo, ia menjelaskan bahwa kaum perempuan dalam kesehariannya di sektor perikanan bekerja dalam rantai produksi pengolahan hingga pemasaran ikan yang dikumpulkan oleh para nelayan. Namun, profesi ataupun kegiatan tersebut dalam sejumlah kesempatan belum tercakup oleh sejumlah layanan yang diberikan kepada pemerintah seperti layanan Bank Mikro Nelayan dan asuransi nelayan.

“Ada kesulitan perempuan untuk mengakses yang salah satunya asuransi nelayan. Identitas di KTP itu pekerjaannya harus nelayan. Sementara perempuan rata-rata identitasnya ibu rumah tangga,” terang Nur Hidayah.

Kepala Negara yang mendengar hal tersebut mengatakan bahwa dirinya memahami keluhan yang disampaikan oleh Nur Hidayah dan para perwakilan lainnya. Ia berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan ini agar para nelayan perempuan dapat mengakses bantuan permodalan untuk para nelayan di kemudian hari.

“Setuju…nangkap.. (paham) saya,” kata Presiden.

Sementara itu, perwakilan nelayan lainnya, Iin Rohimin menyampaikan apresiasi atas kebijakan dan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan juga pembudidaya ikan.

“Di antara program-program yang sangat kami rasakan manfaatnya adalah diluncurkannya Bank Mikro Nelayan, asuransi untuk nelayan, kemudian kelompok-kelompok di daerah menerima perhutanan sosial di sekitar pesisir,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam silaturahmi tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.(Teks/foto: Bey Machmudin / Gen)

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.