My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Mitsubishi Jajaki Pendirian Galangan Kapal Di Karimun

15 Juli
16:38 2008
Mitsubishi Jajaki Pendirian Galangan Kapal Di Karimun

Nalasrestha – indosmarin.com

Karimun, Kepri – Perusahaan asal Jepang, Mitsubishi, Selasa (15/7), meninjau langsung potensi pendirian galangan kapal di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. Bupati Karimun, Nurdin Basirun, mengatakan kedatangan perusahaan ini merupakan respon dari ekspose pemerintah RI ke Jepang beberapa waktu lalu.

Selaku Bupati Karimun, Nurdin Basirun menjanjikan akan memberikan berbagai kemudahan mulai perizinan hingga fasilitas yang dibutuhkan perusahaan Jepang ini jika benar-benar berminat menanamkan investasinya di Karimun.

Sementara menurut Acting General Manager Mitsubishi, Masataka Nakamura, pihaknya membutuhkan garis pantai sepanjang satu kilometer diperairan yang memiliki kedalaman laut sekitar 10 meter.

Di lokasi ini akan dibangun dua dermaga sepanjang 200 meter, kedua dermaga ini berfungsi langsung sebagai galangan kapal, dengan kapasitas mampu menampung 10 kapal sekaligus.

Fasilitas lain, pihaknya juga akan membangun galangan pengering berukuran 400 X 60 meter dan reklamasi pantai disepanjang garis pantai yang akan digunakan sekitar 200 meter.

Usai meninjau langsung ke lokasi kawasan industri galangan kapal di Teluk Paku, Meral milik PT Karimun Indojaya Corporation (KIC), Nakamura menyatakan tertarik. Namun Nakamura belum bisa mengatakan jadwal tepat realisasi investasi yang akan dilakukannya, karena kepastian investasi harus melalui hasil survey yang akan dilakukan oleh timnya.

Selain itu, Nakamura juga menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat juga akan meninjau lokasi lainnya untuk pendirian industri galangan kapal selain Karimun seperti di Batam, Vietnam dan Burma. Saat ditanya nilai investasi yang akan ditanamkan Mitsubishi untuk pembangunan industri galangan kapal, Nakamura mengatakan masih rahasia.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Karimun, Cendra, kepada Antara mengatakan pihaknya akan membantu semaksimal mewujudkan rencana reklamasi dan pembangunan dermaga sesuai kebutuhan perusahaan tersebut.

“Yang penting perusahaan itu harus menyatakan keseriusannya akan menanamkan investasi disini, Jika investasi Mitsubishi terealisasi, perusahaan itu akan memiliki galangan pengering terbesar di Indonesia,” ucapnya(*)

foto: salah satu galangan kapal Mitsubishi di Kobe

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.