My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KRI Arung Samudera Tiba Kembali Dengan Selamat

02 Juli
20:18 2008

Bintang Gerilja – indosmarin.com

SurabayaSetelah beberapa bulan berada Australia, akhirnya KRI Arung Samudera hari ini tiba kembali di tanah air. Seperti diberitakan sebelumnya, KRI Arung Samudera yang dikomandani Mayor Laut (P) Eko Deni Hartono, beserta 18 ABK, bertolak untuk melaksanakan pelayaran muhibah ke Australia pada 3 Juli 2007.

Keberangkatan KRI Arung Samudera ke Australia ini dalam rangka mengikuti lomba kapal layar tiang tinggi atau tall ship pada pelaksanaan The Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Leader’s Week di Sydney 8 – 9 September 2007 silam.

Namun sebelum kapal tiba ditempat tujuan, pada 3 Agustus 2007 kapal tersebut mengalami hempasan badai yang cukup besar di sekitar perairan Brisbane Australia dan kemudian kandas. Hantaman badai ini membuat kapal mengalami beberapa kerusakan, pada mesin dan robeknya layar. Kapal kemudian ditarik kapal tunda AL Australia dibawa ke Dermaga yacht Brisbane.

Menurut Eko Deni Hartono, “Pada saat terkena hempasan badai, kecepatan angin mencapai 60 knot, hingga menyebabkan layar kapal robek parah.” Hanya dengan tenaga mesin, kapal kemudian dipaksa tetap berjalan mencari perlindungan di daerah aman. Setelah menemukan tempat berlindung, ABK mencoba menurunkan jangkar.

“Tetapi berhubung kecepatan angin masih 60 knot, maka sangat sulit bagi jangkar bisa menahan di dasar laut dan akhirnya kapal tetap terseret dan kemudian kandas”, ujar Eko Deni menceritakan pengalamannya, ditemui di geladak kapal usai acara penyambutan.

Untuk diketahui, KRI Arung Samudera pernah sukses mengemban muhibah operasi “Sang Saka Jaya” pada 14 April 1996 – 4 Mei 1997, dengan menjelajahi tujuh samudera, menyinggahi 28 pelabuhan di 16 negara dan menempuh jarak 31.755 mil laut. Saat itu misi operasi yang pada saat itu kapal ini dikomandani Mayor Laut (P) Darwanto, alumni Akabri Laut 1984 beserta 16 anak buah kapal (ABK). Pada waktu itu KRI Arung Samudera berlayar selama 386 hari melintasi berbagai pelabuhan laut di mancanegara seperti Australia, Republik Seychelles, Yaman Selatan, Arab Saudi, Mesir, Italia, Spanyol, Perancis, Maroko, Karibia, Panama, Meksiko, Hawaii, Jepang, Hongkong, dan Singapura(*)

foto: KRI Arung Samudera saat kandas di Brsibane, Renee Pilcher, Gympie Times

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *