My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Jepang Bantu Daya Saing Produk Perikanan Indonesia

02 Juli
15:32 2008

Nalasrestha – indosmarin.com

Jakarta – Guna meningkatkan akses pasar, Jepang membantu Indonesia meningkatkan daya saing produk perikanan. Dalam 2008-2010, Indonesia akan mengirimkan sedikitnya 140 orang mengikuti pelatihan ke Jepang di bidang pengembangan produk, peningkatan mutu serta keamanan produk.

Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) perikanan dari daerah akan diprioritaskan sebagai peserta pelatihan pengembangan produk. Petugas laboratorium uji mutu hasil perikanan daerah akan diseleksi sebagai peserta pelatihan peningkatan mutu. Untuk itu, DKP akan bekerjasama dengan asosiasi usaha perikanan dan Pemda untuk mengoptimalkan pemanfaatan program kerjasama ini.

Kerjasama ini merupakan bagian dari perjanjian kerjasama ekonomi yang komperhensif, meliputi 3 pilar: (1) liberalisasi perdagangan dan investasi, (2) capacity building, dan (3) fasilitasi perdagangan dan investasi. Dari ketiga pilar tersebut, bidang perikanan mencakup pada pilar (1) dan (2). Perjanjian ini (IJ-EPA) telah diratifikasi melalui Perpres No.36/2008. Sidang komite bersama di Tokyo saat ini merupakan yang pertama setelah kedua Pemerintah meratifikasi IJ-EPA.

Selain itu, dalam sidang bersama Indonesia-Jepang Economic Partnership Agreement (IJ-EPA) tanggal 1 Juli 2008 di Jepang dinyatakan bahwa dilakukan penurunan tarif bea masuk berbagai produk Indonesia ke Jepang mulai berlaku tanggal 1 Juli 2008. Produk perikanan termasuk di dalamnya sehingga diyakini dapat meningkatkan askes pasar perikanan, karena bea masuk 51 produk perikanan ke Jepang dibebaskan (0%) dari sebelumnya tarif bervariasi antara 3,5-10,5%.

Pembebasan bea masuk ini sangat strategis bagi peningkatan pasar produk perikanan Indonesia. Beberapa produk utama yang masuk bebas tarif meliputi: udang, lobster, kaki kodok, ikan hias (kecuali carp dan gold fish), mutiara (produk primer). Saat ini udang menyumbang 70% dari nilai ekspor produk perikanan ke Jepang. Dari total ekspor produk perikanan Indonesia tahun 2007 sebesar US$ 2, 3 milyar, nilai ekspor ke Jepang mencapai sekitar US$ 600 juta(*)

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *