My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Jalan-jalan ke Sea World Indonesia (3)

07 Juli
00:43 2008
Jalan-jalan ke Sea World Indonesia (3)

Nalasrestha – indosmarin.com
Jakarta
– Aquarium berikutnya adalah aquarium air laut yang penuh dengan makhluk penghuni terumbu karang. Ikan-ikannya pun beragam, seperti ikan badut (clown fish) yang lucu bergerak ke sana ke mari diantara anemon laut yang beragam jenisnya. Ada ikan kakaktua (bumphead parrot fish) yang tenang berenang sepanjang aquarium. Ada juga ikan bidadari (angel fish), ikan kepe-kepe (Chaetodontidae), lion fish, star fish, scorpion fish. Tetapi ada juga spasies laut lain yang tampak indah, namun berbahaya. Seperti ikan buntal, ikan lepu ayam, ikan lepu batu dan ular laut.
Ikan buntal merupakan ikan beracun yang memiliki sistem pertahanan diri dengan menggelembungkan tubuhnya yang penuh dengan duri sirip yang beracun. Sementara, Ular laut yang selalu nampak ingin tahu, ternyata menyimpan kemampuan bisa yang lebih tinggi. Nah,.. jika sedang berwisata di tepi pantai dan bertemu dengan ular laut, jangan pernah mencoba untuk mengganggunya, karena bisa ular laut ternyata sepuluh kali lebih kuat dari bisa ular kobra.
Di sebelahnya terdapat aquarium khusus untuk Belut Laut (Gymnothorax javanicus) yang berjumlah 10 ekor, wah… banyak sekali ya! Dan mereka berada di dalam bebatuan karang, terkadang hanya memunculkan kepalanya di sela-sela bebatuan tersebut. Ataupun sekali-kali mereka keluar dari bebatuan lalu berenang ke atas dan ke bawah. Maklum, aquariumnya berbentuk memanjang jadi memungkinkan para pengunjung menikmati lekuk tubuh mereka yang mengalun seirama dengan gerak air.
Lalu ada aquarium air laut yang memuat udang-udangan (crustacean), kuda laut, lobster dan gurita. Tapi berhubung gurita yang jadi koleksi Sea World Indonesia ini masih kecil jadi masih sering bersembunyi di balik karang(bersambung)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *