My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Indah dan Nita Terpilih Sebagai Duta Karang Sulsel 2008

06 Juli
21:24 2008

Putera Jingga – indosmarin.com

Makassar – Mengisi masa liburan sekolah, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VI mengadakan kegiatan seleksi “Duta Karang” di Sulawesi Selatan. Seleksi ini diberlakukan bagi siswa sekolah dengan usia antara 15 – 17 tahun. Adapun seleksi “Duta Karang” ini diselenggarakan pada 4 – 5 Juli 2008, bertempat di Gedung Hasanuddin Lantamal VI. Seleksi yang diadakan ini bertujuan untuk memilih dua siswa dengan gelar “Duta Karang” yang akan mewakili Propinsi Sulawesi Selatan diajang tingkat nasional.

Untuk diketahui program “Duta Karang” ini dicanangkan COREMAP II sebagai salah satu program strategi dalam kampanye meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian terumbu karang. Selain itu program ini juga bertujuan melibatkan peran serta remaja Indonesia dalam menjaga kelestarian terumbu karang Indonesia.

Pada tahap seleksi, COREMAP II bekerja sama dengan Lantamal VI, Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel, dan CV Pesisir Lestari Sejahtera menjaring duta karang Remaja Sulawesi Selatan. Seleksi Duta Karang Remaja Sulawesi Selatan melalui serangkaian kegiatan lomba. Yang diikuti sedikitnya 20 peserta, yang berasal dari perwakilan SMA – SMA yang ada di Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka Kepala Dinas Potensi Maritim Lantamal VI Letkol Laut Ir. Johanes Banga Rombe. Proses seleksi dimulai dengan pemberian materi tentang terumbu karang melalui pemutaran video dan diskusi. Usai pemberian materi, para peserta kemudian wajib mengikuti kuis yang dibagi dalam dua kategori, yakni lomba perorangan dan lomba kelompok.

Kuis A dan kuis B diberikan kepada setiap peserta secara perorangan, dan setiap peserta wajib menjawab setiap pertanyaan seputar materi terumbu karang. Selain itu lomba mengarang dan lomba membuat karya seni, juga merupakan lomba perorangan yang dinilai.

Lomba karya seni merupakan lomba ekspresi bebas para peserta, dalam bentuk puisi, pidato, atau menyanyikan lagu yang menggambarkan perasaan dan pandangan mereka terhadap ekosistem terumbu karang dan kondisinya saat ini. Dari hasil penilaian dewan juri akhirnya diputuskan memilih Indah C. siswi SMU 4 Makassar dan A. Nita Purnama siswi SMU 16 Makassar sebagai “Duta Karang” Propinsi Sulawesi Selatan 2008(*)

Tags
Share

1 Komentar

  1. fathir
    fathir Januari 16, 14:48

    bisa nggak foto para peserta duta karang diperbesar dan diperjelas.oke

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.