My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

DKP Tangkap Kapal Pengangkut Pasir Laut Ilegal Untuk Singapura

08 Juli
22:49 2008

Nalasrestha – indosmarin.com

Jakarta – Sebuah kapal pengangkut pasir laut ilegal berhasil ditangkap Kapal Pengawas Perikanan (KP) Hiu 001. Kapal dengan nama lambung KM Bakti Luhur ini kedapatan tengah membawa pasir laut dari Pulau Babi, Tanjung Balai Karimun. Kep. Riau untuk dibawa menuju Singapura.

Saat ditangkap, petugas patroli menemukan sedikitnya enampuluh ton pasir laut berada di dalam lambung kapal berukuran 32 GT ini.

Dari hasil pemeriksaan sementara, para Anak Buah Kapal (ABK) mengakui bahwa aktifitas mereka telah berlangsung selama tiga tahun terakhir. Menurut mereka pasir laut yang diambil dan diangkut secara ilegal ini akan diselundupkan ke Singapura guna kepentingan reklamasi di negara bersangkutan.

Kapal yang dinahkodai Norisan ini kemudian dibawa ke Tanjung Balai Karimun untuk dilimpahkan kepada Polres Tanjung Balai Karimun. Selain kapal, barang bukti lain berupa enam puluh ton pasir laut ilegal pun ikut diserahkan, guna proses pemeriksaan lebih lanjut.

Kapal asal Bengkalis ini telah melanggar pasal 27 jo pasal 287 Undang-Undang No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, karena tidak memiliki izin pengangkutan. Selain itu keempat Anak Buah Kapal (ABK) warga negara Indonesia ini disangka telah melanggar pasal 219 ayat 1 jo pasal 232 UU No. 17 Tahun 2008 karena tidak memiliki dokumen Surat Izin Berlayar (SIB)(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.