My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Bangkai Kapal Perang Kekaisaran Rusia Ditemukan di Perairan Korsel

 Breaking News
20 Juli
01:18 2018
Bangkai Kapal Perang Kekaisaran Rusia Ditemukan di Perairan Korsel

Seoul – Tim penjelajah Korea Selatan (Korsel) dilaporkan telah menemukan bangkai kapal perang Rusia pada kedalaman lebih dari 1.400 kaki sekitar satu mil dari Pulau Ulleungdo, Korea Selatan.

Bangkai kapal yang ditemukan itu diketahui sebagai kapal jelajah Angkatan Laut Kekaisaran Rusia Dmitrii Donskoi yang tenggelam 113 tahun yang lalu. Kapal ini diyakini membawa 200 ton emas batangan dan koin senilai 150 triliun won (USD130 miliar atau sekitar Rp1.875 triliun).

Tim gabungan yang terdiri dari para ahli asal Korea Selatan, Inggris dan Kanada menemukan bangkai kapal pada Minggu 15 Juli lalu. Dua kapal selam berawak digunakan untuk mendokumentasikan gambar dari kapal.

MetroTV.com mengutip Telegraph Kamis 19 Juli 2018, melaporkan bahwa gambar yang tertangkap oleh kapal selam menunjukan “kerusakan yang besar pada kapal yang disebabkan karena berhadapan dengan kapal perang Jepang pada Mei 1905, bersama dengan meriam dan senjata dek yang sudah berkarak, jangkar dan roda kapal”.

Beberapa laporan menyebutkan bawah kapal Dmitrii Donskoi, tenggelam saat bergegas menghindari perang Rusia-Jepang pada 1905 bersama dengan 5.500 kotak batangan emas dan koin. Pihak Jepang pun berniat merebut harta tersebut.

Pihak ekpedisi Shinil Group yang memimpin eksplorasi ini, berharap untuk membawa bangkai tersebut ke permukaan pada Oktober atau November.

Dikutip dari The Telegraph, perusahaan melaporkan bahwa setengah dari harta yang ditemukan di kapal tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Rusia sementara 10 persen sisanya akan diinvestasikan dalam proyek pariwisata di Pulau Ulleungdo, termasuk sebuah museum yang didedikasikan untuk kapal tersebut. (MetroTV.com)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *