My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

BajoE Sang Pengembara Laut (2)

07 Juli
00:40 2008
BajoE Sang Pengembara Laut (2)

Hari Suroto – indosmarin.com
Bone
– Selama ribuan tahun, orang Bajo adalah kaum pengembara laut. Mereka hidup di atas perahu, suka bergerombol di muara sungai, daerah pantai berawa-rawa, maupun pulau-pulau. Mulai dari sepanjang pantai barat Semenanjung Melayu, sampai ke utara dekat wilayah Burma. Hingga saat ini tak terlalu pasti asal usul mereka. Ada yang bilang dari Kepulauan Sulu di Filipina Selatan. Yang jelas, kenyataan masa kini menemukan mereka di kampung atas air di Sulawesi Selatan, antara lain di BajoE, empat jam jalan darat dari Kota Makassar. Mereka menyebut pemukiman mereka dengan istilah kampoh, yang berarti kampung.
Kini tidak sedikit diantara mereka yang tidak lagi mengembara. Namun mereka tetap saja hidup di laut, dari lahir sampai mati. Dalam hidup mereka, laut adalah segala-galanya. Itulah sebabnya, rumah mereka, yang di atas air itu, selalu menghadap ke laut. Bentuknya seperti rumah panggung orang Bugis, tapi tiang-tiangnya tertanam dalam air. Di situlah mereka hidup dan beranak pinak, “Kami lebih baik mati, daripada berpisah dengan laut,” ujar Maming, seorang penduduk BajoE.
Orang Bajo mengenal istilah Bagai, maksudnya orang asing. Orang Bajo sendiri mereka istilahkan Same, maksudnya saudara. Ini menunjuk pada kecenderungan mereka, yang sebetulnya tertutup. Mungkin ini juga akibat lain dari kerja melaut setiap hari. Agak sulit menyampaikan gagasan baru pada mereka, selain soal bahasa, tak banyak yang paham bahasa Indonesia, juga karena tidak terlalu ingin mengubah kebiasaannya sehari-hari. Pendekatan selama ini lewat orang-orang Bugis. Mereka memang agak akrab dengan suku yang juga biasa melaut ini. Lewat mereka, gagasan pembaharuan bisa masuk, tanpa paksaan. Orang Bajo biasa menjual hasil tangkapan kepada orang Bugis, dan membeli kebutuhan sehari-hari juga dari mereka. Ketrampilan membangun rumahpun mereka peroleh dari orang-orang Bugis(*)

Tags
Share

2 Komentar

  1. Alpha
    Alpha Juli 13, 09:23

    bagus222!! Tetap semangat

  2. ferdy
    ferdy November 17, 01:38

    god blezz…
    komunitas anak bajoe yang menuntut ilmu di pulau jawa mendukungmu!!!

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.