My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

WWF Luncurkan Film Dokumenter Tentang Hiu

 Breaking News
29 Mei
15:10 2016
WWF Luncurkan Film Dokumenter Tentang Hiu

Jakarta – Indonesia Nature Film Society (INFIS) bekerja sama dengan Wildlife Conservation Society (WCS) Indonesia Program, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, dan Greenpeace Indonesia hari ini akan menyelenggarakan diskusi dan pemutaran film terkait populasi hiu yang terus mengkhawatirkan.

Pemutaran film Ocean and Us ini akan dilangsungkan pada pukul 19.00 WIB bertempat di Galleri Komunitas Sallihara Jl. Salihara No. 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Film yang bertajuk Ocean and Us ini diputar dengan tujuan mengenalkan lebih jauh lagi tentang status kondisi perikanan hiu di Indonesia.

Film ini juga ingin mendorong pemerintah untuk melindungi spesies hiu yang ada di Indonesia dan memberikan solusi bagi nelayan penangkap hiu.

Saat ini diyakini populasi ikan Hiu secara global mengalami penurunan drastis akibat penangkapan berlebihan untuk diambil siripnya untuk kepentingan konsumsi.

Pada tahun 2012 diperkirakan sebanyak 100 juta ikan hiu ditangkap, sebagian besar hanya diambil siripnya saja. Jika kondisi ini tidak mengalami perubahan, hiu akan mengalami kepunahan selamanya.

Diperkirakan setiap tahunnya Indonesia mengekspor 100 ribu ton sirip Hiu, atau sekitar 15% dari permintaan pasar dunia.

Namun sampai saat ini informasi terkini mengenai rantai perdaganan dan tingkat konsumsi Hiu di Indonesia belum banyak diketahui secara mendalam.

Dengan adanya situasi diatas, Indonesia Nature Film Society (INFIS) berkolaborasi dengan Wildlife Conservation Society (WCS) Indonesia Program, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, Greenpeace Indonesia membuat sebuah video dokumenter tentang perdagangan hiu di Indonesia dan ancamannya jika populasi ikan hiu di lautan berkurang ataupun punah di lautan.

Indonesia Nature Film Society (INFIS) merupakan unit kerja dari Yayasan Rekam Jejak Alam Nusantara. INFIS adalah rumah bagi aktivis yang memiliki passion pembuatan film dokumenter untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Misi INFIS adalah menghasilkan film dokumenter berkualitas tinggi yang dapat mendukung upaya pelestarian alam dan budaya Indonesia. Info lengkap tentang INFIS bisa dilihat di www.inaturefilms.org 

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS