My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

WWF: “Bycatch” Dapat Sebabkan Penurunan Jumlah Populasi

15 Juni
12:14 2010

Denpasar – World Wild Fund (WWF) Indonesia mengingatkan Pemerintah Indonesia agar mewaspadai penurunan jumlah populasi ikan di Perairan Indonesia akibat praktek penangkapan non target atau bycatch dari kapal nelayan maupun kapal penangkap ikan. Mengingat berdasarkan data Kementrian Kelautan dan Perikanan dari sekitar 5 juta ton total produksi ikan tangkap di Indonesia sekitar 7 persen diantaranya adalah dalam bentuk baycatch.

Kepada Indosmarin.com, Direktur Eksekutif WWF Indonesia, Efransjah, menegaskan Pemerintah Indonesia harus mulai melakukan sosialisasi penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan jika tidak ingin Indonesia mengalami penurunan produksi perikanan tangkap secara drastis.

Sebab bycatch tidak hanya akan menyebabkan penurunan jumlah populasi ikan tetapi juga dapat menimbulkan ancaman kepunahan terhadap spesies ikan tertentu.

“Apalagi misalnya penyu itu langsung menurun secara drastis kalau setiap kali menangkap tuna dia tertangkap akan turun,” ujar Efransjah, Selasa (15/6).

Efransjah menyebutkan salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah melalui program mitigasi bycatch yakni sosialisasi penggunaan alat pancing lingkar atau circle hook pada penangkapan ikan tuna.

Alat pancing lingkar ini telah terbukti mampu mencegah tertangkapnya penyu dengan tingkat efisiensi lebih dari 80 persen. Adapun alat pancing lingkar ini telah diujicobakan di Pelabuhan Benoa Bali dan Bitung sejak 2006.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS