My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Wisatawan Penuhi Kapal ke Karimunjawa

23 Maret
16:42 2012
Wisatawan Penuhi Kapal ke Karimunjawa

Ekspress Bahari

Jepara – Pelayaran perdana Kapal Express Bahari dari Pelabuhan Jepara menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jumat (23/3), dipenuhi 190 penumpang, sebagian besar wisatawan.

Mantan Bupati Jepara Hendro Martojo mendapat kehormatan untuk melepas keberangkatan kapal tersebut secara simbolis dengan mengunting tali berhiaskan bunga. Kemudian, pemecahan kendi ke badan kapal oleh Pelaksana Tugas Bupati Jepara Sholih yang menggantikan posisi Hendro Martojo menyusul masa tugasnya berakhir sejak 5 Maret 2012.

Sesuai jadwal kapal bertolak dari Pulau Jawa menuju Pulau Karimunjawa pukul 10.00 WIB. Namun, karena ada proses seremonial pelayaran perdana baru itu, pemberangkatannya mundur hingga pukul 10.20 WIB, demikian penjelasan Kepala Cabang Jepara PT Pelayaran Sakti Inti Makmur yang mengoperasikan Kapal Express Bahari, Johan B.I.

Selain mengangkut 190 penumpang, kata dia, di dalam kapal tersebut juga terdapat sembilan anak buah kapal (ABK) dan seorang pramugari dan seorang pramugara. Sebetulnya, pelayaran hari ini (23/3) hanya satu kali pelayaran pulang pergi, namun tingginya animo penumpang sehingga pihaknya menjadwalkan pemberangkatan kapal itu pagi dan siang.

Menyinggung antisipasi kecelakaan di laut, Johan B.I. mengatakan bahwa di dalam kapal itu tersedia pelampung sebanyak 250 unit dan empat sekoci penyelamat. Adapun kecepatan kapal ini untuk menempuh jarak 41 mil dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa sekitar 27 knots.

Sementara itu, Kepala Operasional PT Pelayaran Sakti Inti Makmur, Hasyim, berharap kehadiran kapal itu akan memberikan nilai lebih terhadap objek wisata Karimunjawa. “Mudah-mudahan bisa mendongrak tingkat kunjungan wisata ke pulau itu,” ujarnya.

Jadwal keberangkatan Kapal Express Bahari dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa setiap Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa ke Jepara setiap Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu.

Jadwal keberangkatan KMP Muria dari Pelabuhan Jepara menuju Pulau Karimunjawa setiap Senin, Rabu, dan Sabtu pukul 09.00 WIB, sedangkan dari Pulau Karimunjawa ke Jepara setiap Selasa, Kamis, dan Minggu pukul 08.00 WIB.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS