My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Wisata Bahari Nusa Penida nan Elok

20 November
00:33 2008
Wisata Bahari Nusa Penida nan Elok

Wida Sulistyaningrum – indosmarin.com

Nusa Penida – Siapa tak kenal Bali? Semua orang pasti mengenal Bali, tapi apakah semua orang yang pernah ke Bali tahu tentang Nusa Penida? Nusa Penida merupakan pulau terbesar dari gugusan pulau yang terletak di Tenggara Pulau Bali. Sementara tiga pulau lainnya yakni Pulau Nusa Ceningan, Nusa Lembongan dan Nusa Gede berukuran lebih kecil. Sejak peristiwa bom Bali 2002, gugusan kepulauan ini telah menjadi salah satu primadona wisata bahari di Indonesia.

Terpuruknya pariwisata Bali akibat peristiwa bom Bali 2002, tidak membuat kunjungan wisatawan ke Nusa Penida dan pulau-pulau kecil di sekitarnya menjadi berkurang. Keadaan justru sebaliknya. Saat ini saja, setidaknya tiga perusahaan wisata bahari menyandarkan pontonnya di sekitar kepulauan Nusa Penida, belum lagi deretan cottage dan penginapan yang terletak disepanjang pantai pulau Lembongan.

Potensi bahari Nusa Penida tak diragukan lagi. Pantai yang indah dan ombak yang menantang, mengundang para peselancar dalam dan luar negeri untuk mengendarai ombak diatas sebilah papan selancar.

Kestabilan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida dan pulau disekitarnya dalam beberapa tahun terakhir salah satunya disebabkan oleh keberadaan ikan matahari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mola mola. Ikan yang kerap muncul di Crystal Bay point Nusa Penida ini telah mengundang sedikitnya lima ribu wisatawan dari berbagai belahan dunia setiap tahunnya untuk datang menyelam mulai periode Mei hingga November.

Di Indonesia, Mola mola atau Oceanic Sunfish ini ditemukan pula di Teluk Manado dan juga Alor.

Ikan Mola mola atau sunfish merupakan spesies ikan yang banyak mendapat perhatian para penikmat aktifitas menyelam. Tingkah lakunya yang unik dan di Bali bisa dijumpai dengan mudah di Nusa Penida. Jika anda berminat silahkan hubungi beberapa operator selam di kawasan Sanur dan Tanjung Benoa – Nusa Dua untuk mengantar anda ke Nusa Penida.(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS