My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Wisata Bahari di Bali Terselamatkan Berkat Mola mola

12 Mei
19:48 2008

Gentry Amalo-Indosmarin.com

Sanur – Kendati telah dua kali diguncang teror bom yang mematikan, namun pariwisata Bali tetap berjalan dengan baik dan semakin mendekati kondisi yang benar-benar pulih. Salah satu faktor pendukung pemulihan pariwisata Bali ini adalah wisata bahari khususnya wisata selam.

Dalam lima tahun terakhir bisnis menyelam benar-benar mengalami peningkatan yang cukup pesat. Bahkan sejak 2007 lalu sempat mengalami booming . Menurut Moh. Farish, salah seorang praktisi menyelam di Bali, hal ini terjadi seiring semakin seringnya puluhan mola-mola menampakkan diri di Crystal Bay point , yang terletak di Perairan Pulau Nusa Penida-Bali.

Kemunculan mola-mola ini membuat para penyelam dari seluruh penjuru dunia berdatangan ke Bali antara bulan Juni hingga September. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang datang hanya untuk mengabadikan ikan raksasa ini baik melalui foto maupun rekaman video bawah air.

Fenomena kemunculan mola-mola ini diduga karena ikan yang kerap disebut dengan Oceanic sunfish ini, menjadikan perairan Crystal Bay point sebagai tempat cleansing station atau tempat pembersihan.

Kemunculan mola-mola ini, merupakan bagian dari cara mola mola membersihkan diri dari berbagai macam parasit yang menempel dipermukaan tubuhnya. Proses pembersihannya ini biasanya dilakukan atau dibantu ikan layar atau Banner fish, yang berenang di sekitar permukaan tubuh mola-mola sambil mematuk-matuk parasit yang menempel dipermukaan tubuh mola-mola tersebut. biasanya terdapat dua hingga tiga ekor bahkan lebih ikan layar yang melakukan aktivitas ini pada seekor mola mola.

Di Asia, habitat mola mola untuk sementara ini, hanya dapat ditemukan di Crystal Bay ini saja. Tetapi beberapa penyelam juga mendapatkan informasi dari nelayan bahwa ikan jenis ini juga kerap muncul dipermukaan perairan Taman Nasional Baluran Jawa Timur. Kemunculannya dipermukaan ini, hanya untuk berjemur mendapatkan sinar matahari. Inilah yang membuat kenapa mola mola disebut juga Oceanic sunfish oleh beberapa pelaut Eropa saat menjelahi samudera mengelilingi dunia di abad ke tujuh belas silam.(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS