My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Warga Korsel Lakukan Estafet Renang Menuju Pulau Dokdo

13 Agustus
13:32 2012
Warga Korsel Lakukan Estafet Renang Menuju Pulau Dokdo

Korea Selatan

Seoul – Satu tim Korea Selatan hari ini memulai estafet renang sepanjang 230 kilometer dari pelabuhan timur ke kepulauan Dokdo, kata pernyataan terbaru Seoul berkaitan kedaulatannya atas kepulauan yang diklaim oleh Jepang itu.

Tim yang dipimpin oleh penyanyi Kim Jang Hoon berencana untuk menyelesaikan berenang pada Hari Kemerdekaan, Rabu (14/8), yang menandai berakhirnya pendudukan kolonial Jepang atas Korea selama 35 tahun pada tahun 1945.

Sengketa teritorial atas kepulauan yang dikendalikan Seoul, yang dikenal sebagai Dokdo di Korea dan Takeshima di Jepang, telah membara selama beberapa dekade.

Sengketa tersebut meletus lagi hari Jumat ketika Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak mengunjungi kepulauan vulkanik di Laut Jepang (Laut Timur) itu.

Jepang marah dan menarik duta besarnya dari Seoul, sedangkan Perdana Menteri Yoshihiko Noda mengatakan, perjalanan–yang pertama oleh seorang presiden Korea Selatan–itu adalah “sangat disesalkan”.

Kim melompat di laut lepas Uljin dengan mengenakan baju renang seluruh tubuh setelah upacara dengan sekitar 40 mahasiswa dan puluhan orang lainnya, kata kantor berita Yonhap.

Para siswa, semua anggota klub renang di Korea National Sport University, akan mengambil bagian pada renang estafet selama 55 jam yang dipimpin oleh Kim. Penyanyi itu menggelar acara itu untuk merayakan ulang tahunnya ke-45 di laut pada hari Selasa.

“Saya tidak akan pernah membuat satu komentar karena `Dokdo adalah wilayah kita` ketika saya tiba di sana, “kata Kim kepada wartawan sebelum pergi. “Tidak ada arti untuk melakukannya karena kepulauan itu tak dapat disangkal adalah wilayah kita.”(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS