My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Warga Karimunjawa Segera Nikmati Listrik PLTG

 Breaking News
18 Mei
09:55 2015
Warga Karimunjawa Segera Nikmati Listrik PLTG

Jepara – Pulau Karimunjawa yang ada di Kecamatan Karimunjawa Jepara, Jawa Tengah, segera memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) sehingga masyarakat setempat bisa menikmati energi listrik selama 24 jam, dibanding sebelumnya hanya berlangsung selama beberapa jam.

Menurut juru bicara PT PLN Area Kudus Arif Noryadi di Jepara, Senin, rencana pembangkit listrik tenaga gas tersebut sudah ditindaklanjuti dengan pembangunan penyulang yang sudah selesai dikerjakan dan tahapan selanjutnya adalah pembangunan gardu induk.

Berdasarkan perencanaan, pembangkit listrik di Pulau Karimunjawa itu ditargetkan bisa dioperasikan pada tahun 2015.

Dipilihnya PLTG, salah satunya karena pertimbangan biaya investasinya yang tidak terlalu mahal, dibandingkan alternatif lain seperti kabel jaringan bawah laut.

Selain dibutuhkan investasi yang cukup tinggi, kabel jaringan bawah laut juga memiliki potensi gangguannya cukup tinggi karena jarak antara Kabupaten Jepara dengan Karimunjawa mencapai 80-an kilometer lebih.

Sementara mesin diesel yang selama ini menyuplai energi listrik masyarakat Karimunjawa, dapat digunakan untuk kepulauan tertentu.

Camat Karimunjawa M.Taksin membenarkan, dalam waktu dekat masyarakat Karimunjawa bisa menikmati layanan listrik selama 24 jam menyusul akan dibangunnya PLTG.

Jaringan kabel listrik di darat, telah dibangun di Desa Karimunjawa dan Kemojan, sedangkan pembangkitnya direncanakan di Dukuh Regon Bajak, Desa Kemojan, diatas lahan seluas 1 hektare.

Untuk masyarakat yang bermukim di Pulau Parang dan Nyamuk, saat ini memanfaatkan teknologi solar panel surya, sehingga kerja mesin diesel yang selama ini menyuplai energi listrik masyarakat juga akan berkurang.

Adapun jumlah penduduk di Karimunjawa mencapai 10.000 jiwa atau 3.200 keluarga yang tersebar di lima pulau, yakni Pulau Karimunjawa, Parang, Nyamuk, Kemujan, dan Genting.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *