My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Warga Ceningan Dihantui Abrasi dan Kenaikan Permukaan Laut

04 Agustus
00:00 2008
Warga Ceningan Dihantui Abrasi dan Kenaikan Permukaan Laut

Salah satu sudut Nusa LembonganMuliarta – Indosmarin.com

Klungkung – Kenaikan permukaan air laut dan abrasi harus dihadapi warga Dusun Ceningan, Desa Lembongan – Kecamatan Nusa Penida – Klungkung – Bali. Dalam beberapa bulan terakhir air laut naik kedaratan hingga 2-3 meter dari bibir pantai. Kondisi ini semakin memperparah tingkar abrasi di kawasan tersebut.

Wakil Bendesa Adat Bidang Palemahan (Lingkungan-red) Dusun Ceningan, Desa Lembongan – Kecamatan Nusa Penida, Made Sumiarta mengakui kenaikan permukaan air laut sudah terjadi setiap tahun dan pada tahun ini yang paling parah.

“Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya tahun ini paling parah, air ke darat hingga mencapai jalan raya yang jaraknya 2-3 meter dari bibir pantai, senderan bangunan penduduk juga jebol” ujar Made Sumiarta kepada indosmarin.com

Sumiarta mengungkapkan para nelayan juga terpaksa menarik perahu mereka ke arah darat antara 5 hingga 10 meter. Kondisi ini juga menyebabkan sekitar 30 rumah penyimpanan rumput laut nelayan terendam air laut. “Tidak saja penyimpanan rumput laut yang terendam kalau lagi pasang, lapangan umum yang ada di pinggir pantai juga terendam” ujar Made Sumiarta.

Sumiarta mengakui warga Ceningan telah berusaha untuk meminimalisir dampak kenaikan permukaan air laut dan abrasi ini dengan melakukan kegiatan swadaya. Menurut Sumiarta beberapa warga telah membangun senderan. Selain itu juga dilakukan penanaman pohon mangrove(*)

2 Komentar

  1. Km.Satya Police women
    Km.Satya Police women April 02, 14:47

    mungkin aku telat membuka situs tentang nusa lembongan, tapi setelah aku baca tentang nusa ceningan yang mengalami abrasi hatiku sedih,aku ada sedikit saran untuk bendesa adat baik di ceningan maupun di lembongan utk menanam tanaman bakau agar tidak ada lagi abrasi.

  2. Djoko Budi
    Djoko Budi Agustus 23, 00:20

    Salam Bahari,
    Saya ingin berbagi info pemanfaatan potensi energi kelautan (ocean wave & tidal) menjadi listrik, sekaligus berguna konservasi lingkungan pantai terhadap abrasi. Sila ‘berselancar’ ke web-web yang menjelasakan perkembangan terkini aplikasi Ocean wave & tidal untuk kelistrikan, terutama di Eropa utara dan USA.
    Sebenarnya wilayah Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan memiliki potensi energi kelautan yang dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat & bisnis setempat. Semoga bermanfaat.
    Salam,
    Djoko Budi
    (penggiat energi terbarukan)

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS