My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Wapres Tutup Secara Resmi ABG

27 Oktober
00:17 2008
Wapres Tutup Secara Resmi ABG

Jingga Fajar – indosmarin.com
Jimbaran
– Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla secara resmi menutup Asian Beach Games (ABG) Bali 2008 dalam sebuah upacara yang cukup meriah di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Nusa Dua, Minggu (26/10).

Dalam upacara penutupan yang berlangsung di lokasi yang sama dengan upacara pembukaan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 18 Oktober lalu itu, Jusuf Kalla menyampaikan rasa bangga atas perjuangan yang telah diperlihatkan oleh atlet dari 45 negara Asia untuk menjadi yang terbaik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para atlet dari 45 negara yang telah berjuang demi negara masing-masing,” kata Jusuf Kalla yang dalam sambutannya dalam bahasa Indonesia.

Seperti yang diberitakan Antara, Kalla juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Bali yang telah memberikan dukungan penuh atas sukses pesta olahraga pantai yang untuk pertama kali digelar itu.

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada OCA (Dewan Olimpiade Asia) yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia sebagai tuan rumah ABC. Kita berharap ABG kedua pada 2010 di Oman berlangsung dengan lebih baik,” kata Jusuf Kalla yang didampingi Ketua Tim Pengarah Pantia ABG (BABGOC), Menegpora Adhyaksa Dault, Wakil Presiden OCA Timothy Fox, serta Ketua Panitia Pelaksa Rita Subowo.

Kalla menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh kontingen Indonesia yang keluar sebagai juara umum dengan mengumpulkan 23 medali emas, delapan perak dan 20 perunggu, jauh mengungguli Thailand di peringkat kedua dengan sepuluh emas, 17 perak dan sepuluh perunggu.

“Prestasi membanggakan yang diperlihatkan oleh atlet Indonesia yang tampil sebagai juara umum di ABG ini, telah memberikan warna khusus bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Timothy Fox yang mewaliki Presiden OCA Sheikh Ahmad A Fahad Al Sabah, dalam pidadonya untuk menandai ditutupnya pesta olahraga dua tahunan itu juga menyampaikan penghargaan atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Indonesia sebagai tuan rumah.

“Indonesia telah bekerja keras untuk menyukseskan ABG pertama ini dan untuk itu kami menyampaikan terima kasih,” katanya.

Seperti pada pembukaan di tempat yang sama, upacara pembukaan tersebut juga dipenuhi dengan atraksi yang menampilkan berbagai budaya, seperti tarian dan laga dari seluruh penjuru tanah air.

Menjelang kedatangan Wakil Presiden, Band Saharadja, kelompok musik komtemporer asal Bali menghibur penonton melalui penampilan di Panggung Lotus Pond. Kelompok musik yang berdiri atas tujuh personal tersebut, termasuk seorang warga Australia Sally Jo, memang kurang dikenal di Tanah Air sendiri, namun nama mereka sudah eksis di dunia internasional dan telah menghasilkan tiga album yang semuanya berbahasa Inggris.

Setelah Wapres dan rombongan memasuki tribun kehormatan, ribuan tamu kemudiah disuguhi tarian dan musik karya Sentot S yang mengkolaborasikan tarian tradional dan komtemporer Indonesia yang berasal dari lima pulau besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Papua.

Artis-artis ibukota, diantaranya Titik Puspa, Inul Daratista, Shanty dan Samuel, didukung oleh musisi Andy Ayunir, secara bersama mengiringi parade atlet dengan melantunkan lagu “Inspire The World” yang merupakan tema lagu dari ABG Bali 2008.

Oman yang akan menjadi tuan rumah pada ABG 2010, tidak ketinggalan menampilkan atraksi kesenian mereka melalui musik irama padang pasir(Ant.)
Sumber foto: ANTARA FOTO

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS