My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Wanadri Tancapkan Merah Putih di Tokong Belayar

11 Agustus
00:29 2008
Wanadri Tancapkan Merah Putih di Tokong Belayar

Wanadri – indosmarin.com

Kep. Anambanas – Tim ekspedisi Garis Depan Nusantara, Kamis (7/8) lalu, akhirnya tiba Pulau Tokong Belayar – Kepulauan Natuna. Sebelum memasuki kepulauan ini, tim ekpedisi sempat menghadapi kendala cuaca yang kurang bersahabat saat memasuki Kepulauan Anambas.

Di Pulau Tokong Belayar ini, Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara akhirnya berhasil menuntaskan misi dengan memasang prasati sekaligus menancapkan bendera Merah Putih pada lokasi yang berdekatan dengan Titik Dasar Penentu batas hukum wilayah maritim Indonesia di pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini.

Jika tidak terganggu cuaca yang kurang bersahabat seharusnya tim ekpedisi telah berangkat pada Senin (5/8) lalu. Dari pulau Matak, perjalanan ke Tokong belayar menghabiskan waktu sekitar empat puluh menit.

Menurut Haris, ketua tim ekpedisi, “Prasasti dipasang bersamaan dengan bendera Merah Putih, berdekatan dengan Titik Dasar.” Adapun bendera Merah Putih ini merupakan amanah dari Pangkalan TNI AL Tarempa.

Pulau Tokongbelayar merupakan pulau terluar terakhir yang dijelajahi Tim di Kepulauan Anambas. Tokongbelayar adalah pulau tak berpenghuni yang hanya berupa batukarang. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan kabupaten baru hasil pemekaran wilayah di Provinsi Kepulauan Riau. Bahkan penentuan ibukota kabupaten pun baru dilakukan minggu lalu, dan Tarempa terpilih menjadi ibukota kabupaten baru ini.

Menurut prakiraan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Tinggi gelombang laut diprediksi akan tetap tinggi hingga satu minggu ke depan. Hari ini pun tinggi gelombang laut mencapai angka 1,5 hingga 2 meter.

Haris menambahkan, pada Sabtu (9/8) mereka akan mulai perjalanan ke Kepulauan Natuna. Pulau Semiun adalah tujuan pertama di Kepulauan ini. Terlebih dahulu kapal akan berjalan menuju ujung Pulau Matak. Diperkirakan perjalanan dari pulau Matak menuju pulau Semiun menghabiskan waktu 14 jam perjalanan(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS