My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tuntas Sudah Ekspedisi Pendataan Pulau Terdepan Nusantara Wilayah Barat

18 Agustus
16:02 2008
Tuntas Sudah Ekspedisi Pendataan Pulau Terdepan Nusantara Wilayah Barat

Wanadri – indosmarin.com

Natuna – Setelah menempuh lebih kurang seratus hari pelayaran, akhirnya Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara tiba di Pulau Senoa, Kepulauan Natuna, Senin (18/8). Pulau Senoa merupakan pulau kecil terdepan terakhir yang didata tim di Wilayah Barat Indonesia. Sebelumnya tim ekspedisi ini berangkat dari Pulau Ranai atau Natuna Besar yang berjarak 2,8 Mil Laut. Pulau Senoa adalah pulau tak berpenghuni di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Sejak dimulainya ekspedisi wilayah barat pada 7 Mei 2008 lalu, Kapal Motor Deklarasi Djuanda dalam pelayarannya telah menempuh jarak 5.364 km. Di setiap pulau yang didatangi, tim ekspedisi melakukan pendataan dan pemasangan prasasti pulau kecil terdepan. Pendataan dilakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi, sosial, budaya, dan potensi pariwisata yang dapat dikembangkan disana.

Sedangkan prasasti pulau kecil terdepan berupa monumen kecil berukuran satu meter yang terbuat dari besi. Nama pulau, luas, koordinat, dan titik dasar tercantum di prasasti tersebut. Ada tiga tim yang melaksanakan ekspedisi. Tim Pulau (Kapal), Tim Darat dan Tim Budaya. Ekspedisi dilaksanakan bersamaan dengan momentum 100 Tahun Kebangkitan Nasional.

Dengan tuntasnya pendataan dan pemasangan prasasti Pulau Senoa, maka berakhir pula ekspedisi wilayah barat Indonesia. Untuk diketahui, Pulau Senoa merupakan pulau ke empat puluh dan sekaligus pulau terakhir yang didata oleh tim di wilayah barat Indonesia.

Selanjutnya, Ekspedisi Garis Depan Nusantara akan memasuki wilayah tengah. Wilayah ini terdiri dari pulau Kalimantan dan Sulawesi. Pelaksanaanya dilakukan setelah hari raya Idul Fitri. Dalam ekspedisi wilayah tengah tim ekspedisi merencanakan akan menghampiri sedikitnya delapanbelas pulau.

Ketua Pelaksana Ekspedisi Irwanto Iskandar mengatakan, selama jeda ekspedisi akan dilakukan evaluasi tim secara menyeluruh. Selain itu, Pameran foto dan video juga digelar di beberapa kota di pulau Jawa(*)

Foto by Wanadri

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS