My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tokyo Desak Presiden Korsel Batalkan Kunjungan ke Kepulauan Sengketa

10 Agustus
10:06 2012

AL Jepang (ilustrasi)

Tokyo – Menteri Luar Negeri Jepang, Koichiro Gemba, Jumat (10/8) mendesak Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak untuk membatalkan rencana mengunjungi kepulauan sengketa yang selama ini telah diklaim baik oleh Seoul maupun Tokyo. Menurut Koichiro Gemba, kunjungan ini akan menyakiti hubungan kedua negara.

Kepada wartawan, Koichiro Gemba mengatakan bahwa kunjungan ini akan memiliki dampak besar bagi hubungan kedua negara yang selama ini sudah tegang akibat konflik perebutan pulau yang oleh Jepang disebut Pulau Takeshima sementara Korea Selatan menyebutnya sebagai Pulau Dokdo.

Menurut Xinhua, Kedutaan Besar Jepang di Seoul menerima pemberitahuan mengenai jadwal kunjungan ini dari Pemerintah Korea Selatan. Dalam agenda kunjungan tersebut disebutkan bahwa Presiden Lee akan tiba di kepulauan sengketa tersebut pada Kamis pukul 10 pagi waktu setempat dan pada Jum’at pukul 2 siang akan mengadakan konferensi pers.

Jika kunjungan ini tidak dibatalkan maka ini akan menjadi kunjungan Presiden Korea Selatan pertama yang mengunjungi pulau sengketa.(Xin/Gen)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS