My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

TNI AL – US Navy Gelar Latihan Bersama

 Breaking News
07 April
21:13 2015
TNI AL – US Navy Gelar Latihan Bersama

Batam – TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) menggelar latihan bersama Sea Surveillance Exercise 15 (sea survex) di Batam dan peraian perbatasan hingga ke Natuna pada 6-10 April 2015 dengan melibatkan empat pesawat.

“Mulai kemarin (Senin) sudah ada empat pesawat yang mendarat di Bandara Hang Nadim Batam. Informasi yang disampaikan ke kami, pesawat itu akan menggelar latihan bersama hingga ke Natuna. Hang Nadim menjadi lokasi pendaratan pesawat-pesawat tersebut,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Selasa.

Ia mengatakan empat pesawat yang terlibat dan berada di Bandara Internasional Hang Nadim Batam adalah NC-212, CN235-MPA, dan helikopter BO-105 Bolcow milik TNI AL. Selanjutnya satu pesawat Tentara Angkatan Laut Amerika jenis P-3C Orion.

Pesawat CN235-MPA merupakan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia untuk mendukung kegiatan patroli maritim TNI Angkatan Laut.

CN235-MPA dilengkapi dengan Elletronica ALR 733 Radar Warning Receiver, radar Ocean Master 100 buatan Thales dan perangkat lihat malam (FLIR-Forward Looking Infrared). Sementara, pesawat Orion milik US Navy merupakan pesawat patroli maritim bermesin turboprop yang digunakan oleh banyak pasukan tentara di dunia, terutamanya bagi patroli samudera, peninjauan dan perang anti-kapal selam.

Meski ada latihan tersebut, Suwarso menjamin tidak akan mengganggu jadwal penerbangan di bandara dengan landas pacu mencapai 4.025 kilometer tersebut.

“Pesawat-pesawat itu akan mulai terbang pada Rabu (8/4) besok. Namun kami pastikan tidak akan mengganggu jadwal pesawat komersial di Hang Nadim,” kata Suwarso.

Ia mengatakan, pesawat-pesawat itu ditempatkan pada apron berdekatan dengan gedung VIP Bandara Internasional Hang Nadim Batam sehingga tidak mengganggu pesawat komersial dalam melayani penumpang.

“Ini latihan rutin yang sudah setiap tahun dilaksanakan. Semua sudah disesuaikan dengan jadwal terbang pesawat-pesawat komersial, jadi tidak ada mempengaruhinya,” kata dia. (Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *