My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

TNI AL Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna

17 Desember
16:59 2010
TNI AL Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna

Vietnam

Surabaya – TNI Angkatan Laut berhasil menangkap sejumlah kapal pencari ikan yang diawaki warga negara Vietnam di perairan laut Natuna, Kepulauan Riau, demikian Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Letkol Laut (Kh) Yayan Sugiana di Surabaya, Jumat (17/12).

Yayan Sugiana mengungkapkan, semua kapal yang ditangkap itu tidak memiliki dokumen-dokumen resmi, sedangkan penangkapan itu bermula dari operasi laut KRI Abdul Halim Perdana Kusuma.

“Saat melintas di perairan laut Natuna, personel KRI mendapati kapal-kapal ikan asing melakukan aktivitas yang mencurigakan,” paparnya.

Awalnya, KRI Halim Perdana Kusuma menangkap kapal berbendera Vietnam berbobot mati 100 gross ton itu diawaki 12 orang yang semuanya berkewarnegaraan Vietnam.

Kapal tersebut mengangkut 50 kilogram ikan berbagai jenis yang diperoleh dari wilayah laut Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

Tak berselang lama, petugas juga menangkap KM Sejahtera Alam 71 dan KM Sejahtera Alam 72, keduanya berbendera Indonesia.

KM Sejahtera Alam 71 diawaki 12 orang warga negara Vietnam yang mengangkut 15 ton ikan dari berbagai jenis. Sementara KM Sejahtera Alam 72 yang diawaki dua orang berkewarganegaraan Vietnam tertangkap basah mencuri ikan di ZEEI.

“Kapal-kapal tersebut kini diamankan di Lanal (Pangkalan TNI Angkatan Laut) Ranai, Kepulauan Riau,” kata Yayan.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS