My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

TNI AL Tanam Ribuan Bibit Bakau di Bengkulu

11 Agustus
00:44 2008
TNI AL Tanam Ribuan Bibit Bakau di Bengkulu

Jingga Fajar – indosmarin.com

Bengkulu – TNI Angkatan Laut akan menanam 3.000 pohon bakau di sepanjang pesisir pantai Kota Bengkulu berkaitan dengan pelaksanaan operasi bakti kemanusiaan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LVII/08 di daerah pesisir di tiga wilayah di Provinsi Bengkulu. Tiga daerah pesisir itu meliputi Kota Bengkulu, Pulau Enggano Bengkulu Utara dan Kabupaten Mukomuko oleh TNI AL, ungkap Pimpinan Operasi Bakti SBJ Kolonel Mar Drs Azwarlis Zakaria kepada pers di Bengkulu, Minggu (10/8).

“Penanaman pohon bakau ini dalam rangka dukungan kita terhadap pelestarian lingkungan hidup khususnya pesisir pantai,” ujarnya seperti yang diberitakan Antara.

Selain penanaman pohon bakau, SBJ di Kota Bengkulu juga akan digelar pelayanan kesehatan gratis di 19 kelurahan. Terdiri dari 13 kelurahan di Kecamatan Teluk Segara dan enam kelurahan di Kecamatan Kampung Melayu.

Pelayanan kesehatan ini berupa pelayanan kesehatan umum, khitanan massal, pengobatan gigi, fogging, Keluarga Berencana (KB), dan operasi ringan seperti bibir sumbing dan katarak. Kegiatan ini melibatkan enam dokter umum dan paramedis.

Kegiatan fisik lain pembangunan MCK, memperbaiki sarana peribadatan yakni masjid dan gereja dan pembuatan rumah pintar, sedangkan kegiatan non fisik yaitu penyuluhan hukum dan kesehatan serta pembinaan mental. “Ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat, sekarang ini kita tidak lagi mengangkat senjata tapi mengisi pembangunan,” ujar Azwarlis.

Ia mengatakan, kegiatan penyuluhan hukum diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat nelayan di Provinsi Bengkulu untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) pesisir yang melimpah untuk kesejahteraan masyarakat.

Kekayaan SDA pesisir pantai Bengkulu menjadi salah satu pertimbangan dipilihnya Provinsi Bengkulu sebagai lokasi operasi bakti SBJ. Selain itu, gempa bumi yang berkekuatan 7,9 SR yang menggoncang Bengkulu September 2007 lalu dan tingginya intensitas gempa di daerah ini juga menjadi pertimbangan khusus bagi TNI AL untuk melakukan kegiatan ini.

“Kita tahu wilayah Bengkulu terbentang di sepanjang pesisir Pantai Barat dan rawan gempa yang juga rawan ancaman tsunami makanya kita programkan penanaman 3.000 pohon bakau ini,” katanya.

Saat ini KRI Teluk Cirebon sudah tiba di perairan Bengkulu dan bersandar di Pelabuhan Pulau Baai. Personil TNI AL terlihat sedang mengangkut muatan kapal berupa peralatan sarana kesehatan dan bantuan lainnya.(Ant.)

Sumber berita: Antara

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS