My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

TNC Minta Pemkab Klungkung Siapkan Tata Ruang Pesisir

03 September
17:56 2008
TNC Minta Pemkab Klungkung Siapkan Tata Ruang Pesisir

Muliarta – indosmarin.com

Sanur – Lembaga konservasi internasional The Nature Conservation (TNC) mememinta kepada pemerintah Kabupaten Klungkung untuk mulai menyiapkan tata ruang wilayah pesisir Pulau Nusa Penida.

Rekomendasi ini disampaikan Project Leader TNC Wilayah Nusa Penida, Marthen Willy terkait rencana pengembangan dermaga pelabuhan di Nusa Penida Klungkung.

Marthen menegaskan tata ruang pesisir sangat diperlukan guna menghindari pembangunan yang tidak tertata di Pulau Nusa Penida. “Kalau tata ruangnya ada, payung hukumnya ada, berarti tinggal implementasi, kalau itu tidak ada maka orang dengan semaunya melakukan pembangunan dan akhirnya akan semrawut” jelas Marthen Willy.

Marthen juga merekomendasikan Pemkab. Klungkung untuk membuat zonasi, sehingga terdapat kejelasan peruntukan wilayah pesisir di kawasan Nusa Penida. Kebijakan ini diperlukan guna menghindari benturan kepentingan antara aktivitas wisata pariwisata dan upaya konservasi terhadap terumbu karang.

Khusus pembangunan dermaga, Marthen mengingatkan Pemkab. Klungkung untuk tetap memperhatikan aspek lingkungan terutama kelestarian terumbu karang di Pulau Nusa Penida. Mengingat kawasan terumbu karang di Nusa Penida merupakan salah satu kawasan terumbu karang terbaik di Bali. Terbukti dari 1200 hektar luas trumbu karang di Nusa Penida, 75 persen diantaranya dalam kondisi baik(*)

foto: Pesisir Kab. Klungkung dari udara

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS