My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

TNC Imbau Pemkab Klungkung Lakukan Moratorium Pariwisata Pulau Nusa Penida

04 Oktober
14:43 2009
TNC Imbau Pemkab Klungkung Lakukan Moratorium Pariwisata Pulau Nusa Penida

nusa-penida-aerial11Nusa Penida – Organisasi internasional The Nature of Conservation (TNC) merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung Bali untuk melakukan moratorium sementara pembangunnan fasilitas pariwisata di kawasan Pulau Nusa Penida.

Rekomendasi ini disampaikan menyusul berkembangnya fasilitas pariwisata berupa villa yang belum memiliki ijin di kawasan pulau seluas sekitar 20.000 hektar tersebut.

Saat ditemui Indosmarin.com, Manager Program TNC Wilayah Nusa Penida, Marthen Willy, mengatakan bahwa moratorium bertujuan bukan untuk  melarang pembangunan fasilitas pariwisata tetapi menunda pembangunan sementara sambil menunggu penyusunan rencana detail tata ruang di pulau berpenduduk 50.000 orang tersebut. Dimana pembangunan fasilitas pariwisata kedepan sesuai dengan konsep daya dukung dan daya tampung sebuah pulau kecil.

Resort yang besar akan membutuhkan air serta listrik yang banyak dan ini akan menyerap listrik dan air yang diperuntukkan bagi masyarakat, begitu juga perlu lahan yang luas sehingga cenderung akan menimbulkan konflik” papar Marthen Willy.

Selanjutnya Marthen Willy juga berharap Pemkab Klungkung Bali juga melakukan pengkajian terhadap investasi yang masuk agar sesuai dengan daya dukung dan daya tampung wilayah.

Untuk diketahui, berdasarkan catatan Kantor Kecamatan Nusa penida hingga saat ini di kawasan Pulau Nusa Penida terdapat 5 Villa yang telah beroperasi, 4 diantaranya belum memiliki ijin.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *