My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Timbulkan Kesedihan Berlarut, Kapal Simbol Tsunami Segera Dimusnahkan

13 Agustus
17:46 2013
Timbulkan Kesedihan Berlarut, Kapal Simbol Tsunami Segera Dimusnahkan
Kapal Ikan Fukushima

Kapal Ikan Fukushima

Fukushima – Sebuah kapal ikan yang terdampar ke daratan akibat gelombang tsunami di Distrik Fukushima Jepang 2011 silam akan segera dibongkar atas permintaan warga yang selalu merasa bersedih akibat tewasnya sekitar 19.000 anggota keluarga mereka dua tahun silam.

Kendati telah menjadi salah satu tujuan wisata baru di Fukushima, namun kapal seberat 300 ton ini, tetap akan dibongkar setelah dengar pendapat di dewan kota setempat.

Sebagian warga menolak kapal ikan ini dibongkar, namun setelah perdebatan panjang antara yang ingin mempertahankannya sebagai museum dan yang menentangnya, penduduk kota memutuskan lewat pemungutan suara bahwa kapal akan dibongkar untuk jadi besi tua.

Sebagian orang melihat kapal tersebut bisa menjadi bukti kekuatan gempa dengan skala 8,8 pada 11 Maret 2011 yang memicu tusnami dan menewaskan hampir 19.000 jiwa. Tentunya monumen ini juga membawa peluang bisnis bagi warga setempat.

“Itu terus menerus menjadi pengingat bencana yang mengerikan. Ketika saya melewatinya setiap pagi, hati saya terluka.” Yoshimi Abe,¬†warga Kesennuma yang berusia 72 tahun, seperti yang dilansir kantor berita BBC mengutip kantor berita AP.

Rumah tempat tinggal Abe sejak dia kecil dulu sudah musnah tersapu tsunami dan kini dia berdiam di rumah sementara.

“Putra saya memiliki toko di pasar sementara dekat Kyotokomaru. Banyak pelanggannya dari luar kota yang datang untuk melihat kapal itu,” jelas Shigeru Saito.

Mayoritas menentang, akan tetapi tak sedikit pula yang merasa kesedihannya tidak akan pernah terobati selama kapal berada di situ. Perdebatan kini berakhir setelah hasil pemungutan suara di balai kota memperlihatkan 68% warga yang punya hak suara ingin kapal dibongkar dan hanya 16% yang mau mempertahankannya.

Pemilik kapal, perusahaan ikan Fukushima, sudah menandatangani kontrak dengan lembaga sebuah lembaga nonprofit untuk mendaur ulang kapal dan pembongkaran akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang.(BBC)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS