My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tim Medis Akan Berikan Layanan Kesehatan Gratis kepada Masyarakat

19 Mei
15:04 2010
Tim Medis Akan Berikan Layanan Kesehatan Gratis kepada Masyarakat

Ambon – Tim “Sail Medical Service” (SMS) akan melayari Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), guna memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat setempat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Maluku, Fat Basalamah, di Ambon, Rabu (19/5).

Menurut Fat Basalamah, SMS dibentuk dengan tujuan awal memberikan pelayanan kesehatan di wilayah-wilayah yang tidak dilayari KRI Seoharso, yang menjadi program bhakti Surya Bhaskara Jaya dalam kegiatan internasional Sail Banda 2010, agar semua masyarakat Maluku mendapatkan perlakuan yang sama secara merata.

Dia mengatakan, setelah dari Banda, SMS akan berlayar ke wilayah Malteng lainnya dan kabupaten/kota yang bukan merupakan pusat kegiatan Sail Banda, antara lain Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tenggara (Malra), Aru, dan Kota Tual dan Maluku Barat Daya (MBD).

“Direncanakan Tim itu sudah akan berada di Tiakur, ibukota Maluku Barat Daya saat berlangsungnya acara puncak Sail Banda pada 17 Agustus di daerah itu,” katanya.

Sebelumnya tim tersebut telah memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) pada 30 April 2010. Pelayanan dan pengobatan gratis berlangsung di kabupaten yang baru berumur setahun itu selama lima hari.

Sedangkan wilayah-wilayah yang dijadwalkan akan dilayari KRI Seoharso yakni Banda dan Kota Ambon yang merupakan lokasi pusat kegiatan Sail Banda di Maluku, disamping Tiakur.

Ketua Seksi Acara Panitia Lokal Sail Banda, Cak Saimima mengatakan, pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Banda yang direncanakan dua kali, masing-masing oleh Tim SMS dan Surya Bhaskara Jaya tidak akan membuat program kesahatan gratis itu terlihat tumpang tindih karena KRI Soeharso yang akan dibantu oleh Kapal Rumah sakit Amerika, USNS Mercy T-AH19 mampu melaksanakan operasi besar.

“Tim dokter KRI Soeharso akan dibantu oleh para dokter dan tenaga medis dari beberapa negara yang turut serta dalam program kesehatan Surya Bhaskara Jaya, antara lain Amerika dengan kapal USNS Mercy T-AH19 juga Australia, Malaysia, Singapura yang masing-masing akan mengirimkan satu kapal rumah sakit,” kata Cak Saimima.

Pelayanan kesehatan SMS pun sama dengan Surya Bhaskara Jaya, yakni berlangsung di atas kapal dengan pelayanan dasar hingga operasi.

Hanya saja, Surya Bhaskara Jaya memiliki tim dokter gabungan dari beberapa negara sedangkan SMS didukung oleh dokter dan perawat dari Rumah Sakit Tulehu yang telah beberapa tahun melakukan pelayanan kesehatan gratis, ditambah tim program dari dinas Kesehatan provinsi Maluku.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS