My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tim Maritime Challenge ITS Tiba dari Irlandia

13 Agustus
12:12 2012

ITSSurabaya – Sebanyak 20 mahasiswa yang merupakan Tim Maritime Challenge (MC) ITS yang sukses mengukir prestasi bergengsi dalam kompetisi kebaharian international “Atlantic Challenge International 2012” di Bantry, Irlandia, telah tiba di kampus setempat.

“Kami tiba di Bandara Juanda Surabaya pada Sabtu pukul 24.00 WIB, lalu 30 menit mengurus bagasi dan akhirnya diarak puluhan mahasiswa ITS dari bandara hingga ke kampus ITS pada Minggu dini hari,” kata Humas Tim MC ITS, Fiqhy Dian Nashrullah, di Surabaya, Senin (13/8).

Meski dini hari, Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni ITS Dr Ir Bambang Sampurno MT pun tetap bersemangat menjemput mereka dengan mengerahkan dua buah bus ITS secara khusus disediakan untuk tim MC ITS yang berhasil membawa pulang trofi “Spirit of Atlantic Challenge”.

Dalam ajang itu, Tim “Maritime Challenge” ITS Surabaya meraih penghargaan “The Spirit of Atlantic Challenge Award” dalam lomba kebaharian internasional “Atlantic Challenge 2012” di Bantry, Irlandia pada 21-29 Juli.

“Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Presiden Atlantic Challenge International, Lee Scarborough dari AS, Sabtu (28/7) jam 18.00 waktu siang di Bantry (Minggu/29/7 dini hari di Indonesia),” kata Pembina Tim MC ITS Prof Daniel M. Rosyid PhD M.RINA yang pulang lebih dulu dari Tim MC ITS.

Dalam sambutannya, sebagaimana dikutip Danel M Rosyid kepada AntaraNews.com pada beberapa waktu lalu, Lee Scarborough menegaskan bahwa “The Spirit of Atlantic Challenge Award” adalah penghargaan tertinggi dalam setiap event “Atlantic Challenge”, walau ITS tidak meraih semua nomer dalam 13 perlombaan yang digelar.

“Tidak hanya itu, perahu buatan mahasiswa Tim ITS MC yakni perahu Rojo Segoro akan dipinjam oleh Tim Lithuania selama enam tahun ke depan, karena mereka tidak mempunyai perahu, sehingga dalam lomba pada tahun 2014, kami tidak perlu kirim perahu ke Perancis,” kata dosen Fakultas Teknologi Perkapalan ITS itu.

Menurut Daniel M Rosyid, ITS pernah meraih penghargaan bergengsi `Spirit of Atlantic Challenge` dalam Atlantic Challenge 2002 di Rockland, AS dan kini setelah 10 tahun kemudian diterima lagi tim ITS dengan kapal “Rojo Segoro”.

“Itu penghargaan untuk tim terbaik dalam kerja sama dengan negara lain, sebab kompetisi itu bukan sekadar kompetisi kebaharian, namun bagaimana membangun spirit kebaharian dan menjalin kesepahaman antarbangsa,” ujarnya.

Dalam lomba “Intenational Contest of Seamanship, Atlantic Challenge International 2012” itu, tim ITS MC mendapatkan empat penghargaan yakni Spirit of Atlantic Challengge, penghargaan khusus untuk kapal Rojo Segoro sebagai “The Best Beautiful Boat in Contest”.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS