My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Terumbu Karang di Labuan Bajo Alami Kerusakan Akibat Lalu Lintas Kapal

 Breaking News
14 Agustus
19:21 2017
Terumbu Karang di Labuan Bajo Alami Kerusakan Akibat Lalu Lintas Kapal

Jakarta – Pemerhati lingkungan Gabriel Mahal melaporkan dugaan kerusakan terumbu karang di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diakibatkan transportasi laut atau kapal pengangkut wisatawan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Kapal yang hilir mudik di Labuan Bajo kerap sembarang melakukan lego jangkar dan bahkan menabrak terumbu karang,” kata Gabriel di Jakarta, Senin.

Gabriel menuturkan sejumlah kapal yang beroperasi di Labuan Bajo merusak terumbu karang meresahkan warga sekitar.

Terlebih Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi terbaik di Indonesia yang berdekatan dengan obyek wisata Taman Nasional Komodo.

“Labuan Bajo sebagai wisata bahari selain wisata alam dan budaya,” tutur Gabriel.

Dalam laman berita AntaraNews, Gabriel mengungkapkan instansi berwenang lemah mengawasi dan menerbitkan perizinan terhadap kelaikan kapal laut, kompetensi kapten kapal dan kontrol lalu lintas barang ilegal.

Akibatnya lalu lintas laut di perairan Labuan Bajo padat dan kerap terjadi kecelakaan transportasi laut bahkan beberapa waktu terakhir terjadi tiga kali kapal tenggelam.

Gabriel mengatakan masyarakat Labuan Bajo pernah melaporkan kerusakan terumbu karang kepada Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) namun tidak mendapatkan respon positif.

Gabriel berharap pemerintah pusat maupun daerah memperhatikan kerusakan terumbu karang mengancam ekosistem laut dan wisata bahari Indonesia.

“Kapal yang merusak terumbu karang harus ditindak tegas sesuai prosedur,” ujar tokoh NTT itu.(AntaraNews)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS