My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Terkait Temuan Terumbu Karang Baru, Bali Segera Tetapkan Zonasi Pesisir

31 Juli
14:12 2013
Euphyllia baliensis sp

Euphyllia baliensis sp

Denpasar – Euphyllia baliensis sp. terumbu karang terumbu karang jenis baru yang ditemukan di perairan Padangbai dan Candidasa, Karangasem, Bali pada 2011 silam, menggugah tokoh masyarakat

Kepada Indosmarin.com ketua Yayasan Karang Lestari, I Gusti Agung Prana berharap dengan diabadikannya nama Bali dalam sebuah nama terumbu karang dapat menjadi awal bagi upaya pelestarian karang di Indonesia, khususnya Bali.

Selanjutnya tinggal melibatkan masyarakat pesisir dalam pelestarian terumbu karang.

“Berbasis masyarakat, pemberdayaan, membangun kesadaran mereka sehingga partisipatif, kalau mereka sadar akan melakukan berbagai tidakan yang bersifat rehabilitasi, demi kepentingan mereka sendiri, yang kita bangun adalah kesadaran bahwa terumbu karang amat penting” ujar I Gusti Agung Prana.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Bali Made Arjaya mengakui dalam upaya melindungi kawasan konservasi terutama kawasan terumbu karang, DPRD Bali dan pemerintah Provinsi Bali kini sedang merancang peraturan daerah tentang zonasi daerah pesisir.

“Inilah kita buat zona, zona pemanfaatan, zona perlindungan, zona-zona itu nanti yang akan dipakai patokan oleh kabupaten/kota, syaratnya mari kita perketat, itu kan untuk penyelamatan masyarakat, untuk penyelamatan pariwisata kita” kata Made Arjaya.

Tercatat sekitar 406 jenis karang yang telah diidentifikasi di perairan pulau Bali hingga Nusa Penida dalam Kajian Cepat Kondisi Kelautan Bali. Jumlah ini belum termasuk belasan jenis karang lainnya yang memerlukan kajian taksonomi lebih lanjut.(Mul)

sumber foto: Conservation International (CI)

1 Komentar

  1. diving Instructor
    diving Instructor Agustus 02, 20:09

    Thanks for sharing your thoughts about bubble diving.
    Regards

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS