My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Tarif Kapal Roro Pulau Bengkalis Belum Alami Kenaikan

 Breaking News
19 November
20:17 2014
Tarif Kapal Roro Pulau Bengkalis Belum Alami Kenaikan

Pekanbaru – Tarif kapal penyeberangan roll on roll off (Roro) yang melayani Pulau Bengkalis ke Sungai Pakning yaitu sebesar Rp89.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp6.200 untuk penumpang hingga saat ini masih menggunakan tarif lama karena pemerintah kabupaten dan dinas perhubungan setempat belum memutuskan tarif terbaru.

“Untuk sementara ini, tarif roro masih menggunakan tarif yang lama dan belum mengalami kenaikan. Kita akan berkoordinasi dengan Pemkab dan akan mengumumkan secepatnya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Jaafar Arif melalui pesan elektronik kepada Antara, Selasa.

Ia mengatakan saat ini sedang menghitung besaran tarif yang akan ditetapkan, dan ia berjanji tarif baru nantinya tidak akan lebih dari 10 persen seperti yang telah diamanatkan oleh pemerintah pusat.

Menurutnya, jika kenaikan lebih tinggi dari ketetapan pemerintah pusat, ia khawatir inflasi yang terjadi di Pulau Bengkalis akan meningkat.

“Tarif tidak akan lebih dari 10 persen, mengingat sebab yang akan ditimbulkan nantinya, salah satunya inflasi yang mungkin akan meningkat,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan naiknya tarif angkutan kapal cepat Bengkalis yang mencapai 30 persen, Jaafar Arif mengatakan akan segera memanggil operator perusahaan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa menaikkan tarif secara sepihak dan tanpa ada persetujuan dari pemerintah adalah menyalahi aturan. “Apalagi naiknya mencapai 30 persen, yang susah itu masyarakat,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, angkutan penumpang kapal cepat naik menjadi Rp235.000 sedangkan untuk angkutan darat naik dari hingga Rp170.000.

“Saya mendapat laporan dari warga bahwa tarif kapal cepat penumpang Bengkalis-Pekanbaru sudah naik mencapai Rp235.000 dari harga sebelumnya Rp180.000. Begitu juga dengan angkutan darat yang mencapai Rp170.000. Kenaikan tanpa persetujuan tersebut sudah menyalahi aturan.” katanya.

Ia mengatakan akan segera mengundang operator kapal ataupun operator angkutan darat yang melayani rute Bengkalis Pekanbaru untuk menentukan harga yang terbaik pasca naiknya harga BBM.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *