My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Sutiyoso Ingin Perkuat Pertahanan Laut

28 Oktober
23:40 2008
Sutiyoso Ingin Perkuat Pertahanan Laut

Jingga Fajar – indosmarin.com

Supiori – Sutiyoso yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden pada Pilpres 2009 mendatang menyatakan ingin meningkatkan kekuatan pertahanan negara untuk menjaga wilayah negara kesatuan Indonesia yang sangat luas.

“Wilayah perairan Indonesia yang sangat luas dan kaya akan sumber daya alam harus dikelola dan dijaga dengan baik sehingga tidak mudah bagi kapal-kapal asing mencuri ikan di negara kita,” kata Sutiyoso dalam dialog dengan warga Kabupaten Supiori, Papua, di distrik Supiori Selatan, Selasa (28/10)

“Lalu bagaimana mengatasinya, ya angkatan laut kita harus diperkuat, peralatannya harus ditingkatkan dan tidak kalah dengan kapal-kapal asing. Jadi kalau ada kapal asing yang mencuri ikan, tenggelamkan saja,” kata dia seperti yang diberitakan Antara.

Menurut Sutiyoso, apabila kapal-kapal angkatan laut Indonesia kalah canggih, maka sulit untuk menindak kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Kekayaan sumber daya laut yang melimpah di tanah air seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. “Australia saja kalau ada kapal nelayan kita yang ke sana, mereka membakar dan menenggelamkannya,” kata Sutiyoso mencontohkan.

Menurut Sutiyoso, ikan-ikan yang dicuri kapal-kapal asing dari perairan Indonesia nilainya bisa mencapai Rp30 triliun dalam setahun. “Bapak ibu bisa bayangkan, betapa besar kerugian kita akibat pencurian ikan. Bapak ibu tahu berapa nolnya triliun itu, nolnya 12,” katanya.

Berdialog dengan warga Supiori yang sebagian besar hidup sebagai nelayan, Sutiyoso mengatakan, kedatangannya ke Supiori yang dari Biak ditempuh dengan perjalanan laut menggunakan speedboat selama 2,5 jam itu adalah untuk mengetahui berbagai permasalahan dan keinginan warga Papua.

Dengan datang dan mendengar keinginan rakyat, kata Sutiyoso, dirinya bisa mengetahui secara langsung aspirasi dan kondisi masyarakat sehingga apabila terpilih menjadi presiden nanti ia sudah mendapatkan referensi untuk program-program pembangunannya.

Sutiyoso yang dalam perjalanan laut memantau alam sekitar mengatakan, Supiori adalah daerah yang potensial tidak hanya kekayaan tambang yang mungkin terkandung di dalamnya, tetapi juga potensi pariwisata dengan alam-alamnya yang masih asli (Ant.)

sumber foto: www.partaikongres.com

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *