My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Surya Paloh Dukung Perjuangan Provinsi Kepulauan

28 Januari
00:23 2011
Surya Paloh Dukung Perjuangan Provinsi Kepulauan

Surya Paloh

Ambon – Ketua Umum Pengurus Pusat Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mendukung perjuangan Maluku bersama enam provinsi lainnya untuk menjadi provinsi kepulauan.

“Maluku dan enam daerah lainnya memang layak menjadi provinsi kepulauan karena karakteristik dan geografisnya berbeda dari daerah lainnya,” katanya, di Ambon, Kamis (27/1).

Surya Paloh yang berkunjung ke Ambon dalam rangka mengukuhkan Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar dan Pengurus wilayah Nasdem Maluku itu, menegaskan, dengan mengesahkan Maluku, Papua, NTT, NTB, Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Bangka Belitung sebagai provinsi kepulauan, maka akan berdampak bagi optimalisasi pengelolaan potensi sumber daya kelautan.

“Selama ini pemerintah pusat hanya menghitung alokasi anggaran daerah berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah daratan saja, sedangkan laut tidak dihitung sama sekali. Ini berakibat daerah yang memiliki karakteristik laut lebih luas mendapat alokasi dana kecil,” katanya.

Surya Paloh menegaskan, jika pemerintah pusat menyetujui Maluku dan enam daerah lainnya sebagai provinsi kepulauan, maka pemerintah telah memberlakukan asas keadilan.

Dia menandaskan, organisasi yang dipimpinnya juga akan mendesak pemerintah pusat dan DPR untuk segera menyetujui rancangan undang-undang provinsi kepulauan yang sedang dalam tahap pembahasan DPR RI.

“Saya akan yakinkan pihak-pihak yang memiliki otoritas terhadap masalah ini, sehingga dapat menetapkan Maluku dan tujuh provinsi lainnya sebagai provinsi kepulauan,” katanya.

Dengan penetapan Maluku dan tujuh daerah lainnya sebagai provinsi kepulauan, maka kekayaan laut di daerah-daerah ini dapat dikelola optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Maluku terkenal kaya dengan potensi kelautannya, tetapi tidak berdaya mengelolanya sebagai sumber utama kesejahteraan masyarakat karena alokasi dana pembangunan yang diberikan pemerintah pusat sangatlah kecil,” tandas Surya Paloh.

Dia juga menilai Maluku layak dijadikan sebagai lumbung ikan nasional, mengingat selama ini telah memberikan kontribusi besar bagi negara dari sektor perikanan.

“Maluku sudah terkenal sebagai daerah yang kaya di mata dunia internasional sejak empat abad lalu karena keharuman rempah-rempahnya, saat ini pun kekayaan lautnya sangat besar dan menjadi incaran negara-negara di dunia.

Jadi tidak salah jika Maluku ditetapkan sebagai lumbung ikan nasional,” tandasnya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS