My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Status Gunung Anak Krakatau Masih Siaga

03 Juli
16:12 2009
Status Gunung Anak Krakatau Masih Siaga

krakatau-mf8621Serang – Status Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan Selat Sunda, belum diturunkan dengan tetap dalam status siaga atau level III, meskipun frekuensi letusan pada Jumat (3/7) telah berkurang menjadi 46 kali.

“Belakangan ini letusannya berkurang setiap harinya dibandingkan beberapa hari lalu yang mencapai 100 kali,” papar Jumono petugas Pengamatan Gunung Anak Krakatau di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Ia mengatakan, meskipun letusan Gunung Anak Krakatau berkurang, tingkat kegempaannya masih fluktuatif, dilihat dari gempa vulkanik dangkal, letusan, tremor dan hembusan yang masih terjadi dengan interval tiga sampai 15 menit.

Menurut dia, letusan disertai bunyi dentuman juga masih terjadi, namun volumenya kecil, sementara semburan lava pijar berupa batu dan kerikil dari kawah gunung masih terjadi dan sampai sekarang masih mengeluarkan asap putih keabu-abuan.

Bahkan, batu besar yang terlontar dari kawah gunung suhunya mencapai 1.000 derajat Celcius. “Jika seseorang terkena batu itu dipastikan meninggal dunia,” katanya.

Masyarakat dan nelayan diimbau untuk tidak mendekat ke kawasan Gunung Anak Krakatau karena dalam status siaga. (Ant)

Tags
Share

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS