My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Spesies Ikan Baru Ditemukan di Ambon

25 Februari
12:21 2009
Spesies Ikan Baru Ditemukan di Ambon

Ambon – Satu lagi bukti dari betapa kayanya laut tropis Indonesia. Setelah di Raja Ampat dan gugusan kepulauan Nusa Penida, kini laut Ambon menjadi salah satu tempat yang paling eksotik untuk berburu jenis spesies ikan baru.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang bulat seperti kodok dengan motif lurik seperti batik di sekujur tubuhnya. Memiliki tubuh sebesar kepalan tangan orang dewasa, dan terlindungi kulit berlipat yang keras sehingga tahan dari gesekan terumbu karang. Dari sample yang diambil oleh para ahli menunjukan bahwa DNA ikan ini berbeda dengan semua jenis ikan yang ada. Ikan ini memiliki muka yang datar dengan mata yang menonjol dan mulut yang sedikit lebar, sehingga jika dilihat sekilas mirip dengan wajah manusia.

Ikan ini ditemukan setahun silam oleh seorang instruktur selam yang bekerja pada sebuah operator wisata di perairan dangkal sekitar Pulau Ambon. Penemuan tersebut langsung dilaporkan kepada Ted Petsch, pakar ikan dari Universitas Washington untuk dipelajari.

“Seperti ikan kodok lainnya, ia punya sirip pada kedua sisi tubuhnya dan tumbuh seperti kaki. Namun, perilakunya belum pernah terlihat pada ikan sejenis lainnya,” ujar Pietsch. Uniknya lagi, ikan yang bertubuh bulat ini terlihat sesekali memantulkan diri di dasar laut seperti sebuah bola karet yang bergerak tak beraturan.

Pietsch kemudian memberinya nama spesies psychedelica sesuai gambaran penampilan dan perilakunya. Menurutnya ikan ini masuk dalam genus Histiophryne sehingga berhak menyandang nama latin Histiophryne psychedelica.

“Saya pikir orang telah begitu mengenal ikan kodok dan menemukan satu ekor yang baru seperti ini sungguh terdengar spektakuler, ” ujar Mark Erdman, penasihat senior program kelautan Conservation International.

Menurut Mark, Ia mengatakan penemuan tersebut juga menunjukkan bahwa keanekaragaman spesies di kawasan habitat yang masuk dalam segitiga koral dunia ini mungkin masih banyak yang belum terungkap.(Gen)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS