My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Sonar Patimura Cari Reruntuhan Kapal Patroli

23 Mei
03:25 2010
Sonar Patimura Cari Reruntuhan Kapal Patroli

Tanjungpinang – Kepala Badan SAR Nasional Tanjungpinang, Bambang Subagyo, mengatakan TNI AL mengerahkan KRI Patimura 371 dalam melakukan pencarian bangkai kapal patroli milik Angkatan Laut yang terbakar dan tenggelam di perairan Lingai, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

“Pencarian kapal TNI-AL dan tiga korban yang tenggelam pada Kamis (20/4) akan dilanjutkan Minggu (23/5) dengan menggunakan sonar oleh KRI Patimura,” kata Bambang di Tanjungpinang, Sabtu (22/5).

Bambang mengharapkan dengan sonar keberadaan bangkai kapal patroli TNI AL, bisa terdeteksi.

Menurut Bambang, hingga Sabtu malam belum ada tanda-tanda posisi bangkai kapal maupun tiga korban, walaupun tim gabungan antara lain dari Basarnas Tanjungpinang telah menyelam di sekitar lokasi kapal tenggelam.

“Delapan personel Basarnas Tanjungpinang orang telah menyelam secara bergantian hari ini,” kata Bambang.

Menurut dia, kedalaman Laut China Selatan di lokasi pencarian m berkisar 60 sampai 62 meter dengan kecepatan arus bawah laut 10 centimeter per detik dari tenggara ke selatan.

“Pencarian dengan `echo sounder` tim penyelam juga belum menemukan bangkai kapal dan korban yang dinyatakan hilang,” ujar Bambang.

Lokasi penyelaman menurut dia dilakukan pada tiga titik di sekitar lokasi kejadian.

Penentuan lokasi penyelaman mempertimbangkan arah arus bawah laut dan arah angin. Pencarian kapal dan korban hilang, dipimpin langsung Pelaksana Tugas Bupati Kepulauan Anambas, Yusrizal, yang istrinya Mauli Yulianty, menjadi salah seorang korban dan masih dinyatakan hilang. (Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS