My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Skadron Udara 16 Gelar Latihan Operasi di Selat Malaka

 Breaking News
31 Januari
03:01 2017
Skadron Udara 16 Gelar Latihan Operasi di Selat Malaka

Pekanbaru – Selama satu bulan kedepan, Skadron Udara 16, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru menggelar latihan operasi udara dengan nama sandi “Mata Elang”. Latihan yang berpusat di Lanud Soewondo, Medan ini dilaksanakan dengan melakukan operasi patroli udara di perairan Selat Malaka.

“Berdasarkan instruksi Panglima TNI, bahwa kita harus siap mendukung Nawacita Presiden. Salah satunya Poros Maritim,” kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Marsekal Pertama Henri Alfiandi di Pekanbaru, Senin (30/1), seperti yang dilansir kantor berita Antara.

Menurut Henri Alfiandi, program Poros Maritim bisa terlaksana dengan aman dan lancar apabila kekuatan udara hadir dan mengayomi untuk memberikan rasa aman. Selain patroli udara di Selat Malaka, enam pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon ini juga akan melakukan patroli hingga ke kawasan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Alfiandi juga tidak menampik bahwa operasi itu terkait dengan situasi laut China Selatan yang memanas. “Pasti itu ada, salah satunya reaksi kita gelar kekuatan di wilayah perbatasan. Termasuk di pangkalan terujung. Harus siap menerima kekuatan kita,” ujarnya.

Sebagai pangkalan udara utama TNI AU di kawasan Sumatera, saat ini Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) diperkuat tiga skadron, yakni Skadron Udara 12, Skadron Udara 16, dan Skadron Teknik 045.(Antara/Gentry Amalo)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS