My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Skadron Udara 16 Berhasil Selesaikan Misi Patroli Selat Malaka

 Breaking News
18 Februari
23:36 2017
Skadron Udara 16 Berhasil Selesaikan Misi Patroli Selat Malaka

Pekanbaru – Lima pesawat tempur F16 dari Skadron Udara 16 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru,. Riau, kembali ke pangkalan setelah selesai menggelar patroli di kawasan perbatasan termasuk Selat Malaka yang dilakukan sejak akhir Januari 2017 lalu.

“Atas nama Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, saya menyampaikan ucapan terima kasih serta rasa bangga atas keberhasilan pelaksanaan tugas yang telah dijalankan,” kata Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono di Pekanbaru, Sabtu (18/2).

Seperti yang dilansir AntaraNews, Dwi menjelaskan lima unit F16 berikut personel dari Skadron Udara 16 tersebut baru saja menggelar misi operasi dan latihan di Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Sumatera Utara.

Sabtu hari ini, seluruh pesawat F16 Fighting Falcon dan puluhan personel pendukung tiba Lanud Roesmin Nurjadin. Ia mengatakan selama lebih dari dua pekan, seluruh misi diantaranya Operasi Tangkis Guntur-17 dan latihan Cakra C-17 di Lanud Soewondo dan sekitarnya berjalan dengan lancar.

“Kehadiran Skadron Udara 16 di Medan adalah untuk mendukung program Nawacita dari Presiden RI yang salah satunya adalah poros maritim,” jelas Dwi.

Ia menjelaskan kegiatan serupa bisa kembali dilakukan dengan menugaskan pesawat-pesawat tempur di luar pangkalan induknya.

“Sehingga TNI AU mampu hadir untuk menjaga keamanan dan kedaulatan udara di seluruh wilayah NKRI,” tegasnya.

Sebagai pangkalan udara militer kelas A, saat ini Lanud Roesmin Nurjadin dua skadron pesaat tempur yakni Skadron Udara 12 yang diperkuat pesawat tempur BAe Hawk 100/200 dan Skadron Udara 16 yang diperkuat dengan pesawat tempur F-16 C/D Blok 52 ID dan ditambah Skadron Teknik Pemeliharaan 045.(Antara / G. Amalo)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS