My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Sisa Bahan Bakar PLTGU Pemaron Cemari Pantai

24 Januari
11:15 2011
Sisa Bahan Bakar PLTGU Pemaron Cemari Pantai

Denpasar – Hasil investigasi pegiat Yayasan Bahtera Nusantara (YBN) menemukan adanya pencemaran lingkungan laut oleh proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas/Uap (PLTGU) Pemaron Buleleng.

Pencemaran tersebut berupa butiran-butiran tumpahan sisa minyak yang mencemarin pesisir pemaron pada radius 1 sampai 1,5 kilometer dari lokasi PLTGU Pemaron, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kepada Indosmarin.com, Direktur Yayasan Bahtera Nusantara, Arsonetri menyatakan pencemaran minyak ini diperkirakan terjadi akibat kebocoran pipa distribusi bahan bakar.

Menurut Arsonetri, pencemaran sisa tumpahan minyak ini terjadi sejak sebulan lalu dan hingga hari ini pencemaran tersebut belum tertangani dengan semestinya.

Kendati telah berlangsung sebulan penuh, namun pencemaran tumpahan sisa minyak ini belum menyebabkan kematian ikan secara masal.

“Kematian ikan belum ada secara booming, tapi tumpahan minyak tersebut sudah dalam bentuk fisik, jadi sebenarnya kondisinya mencemari perairan permukaan. Mungkin belum pada kedalaman tertentu yang bisa menyentuh trumbu karang,” papar Arsonetri.

Arsonetri mengakui telah menerjunkan tim investigasi untuk mengumpulkan data-data dan bukti-bukti. Sebelum nantinya kasus ini akan dilaporkan ke Pemerintah Provinsi Bali maupun ke Kementrian Lingkungan Hidup.(Mul)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS