My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Sepasang Paus Biru yang Terdampar di Lembata Mati

28 Oktober
13:22 2014
Sepasang Paus Biru yang Terdampar di Lembata Mati

Kupang – Dua dari lima paus biru yang terdampar di Teluk Waienga, Desa Watodiri, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, dilaporkan mati.

Wakil Bupati Lembata Viktor Mado Watun mengatakan dua paus yang mati sudah dipotong dan dibagikan kepada warga.

“Ada lima paus yang terdampar. Sampai Senin (27/10) malam sudah dua ekor yang mati karena kemungkinan stres,” katanya saat dihubungi melalui telepon dari Kupang, Selasa.

Menurut dia, dua paus yang mati panjangnya sekitar 25 meter sementara tiga paus lain yang masih hidup panjangnya sekitar 35 meter.

Ia menambahkan, petugas berusaha mengeluarkan tiga paus biru yang masih hidup dari teluk dangkal dan membawanya ke tengah laut.

“Pemerintah dan masyarakat sudah berupaya maksimal selama beberapa hari ini untuk mengevakuasi lima paus ke tengah laut, namun tetap saja tidak berhasil,” katanya.

Saat ini, kata dia, pemerintah sedang melakukan koordinasi dengan para tokoh adat untuk menggelar ritual adat bersama guna mengembalikan paus-paus tersebut ke tengah laut.

“Semua usaha sudah kita lakukan dan rencananya akan digelar upacara adat. Ritual adat ini diharapkan bisa mengembalikan paus ini ke lautan lepas,” katanya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS