My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Seorang Peselancar di Australia Diserang Hiu

24 Maret
09:37 2011

Hiu

Sydney – Seorang peselancar menderita luka di lengan dan wajahnya setelah diserang oleh ikan hiu di pantai New South Wales di sebelah utara Sydney, Australia. Peristiwa ini merupakan peristiwa kedua dalam sepekan terakhir di wilayah yang sama.

Menurut AFP, peristiwa ini terjadi pada Rabu senja, saat Dave Peasrson (41) sedang berselancar di Crowdy Head, yang berjarak 265 kilometer sebelah utara Sydney. Secara tiba-tiba munculah hiu tersebut dan kemudian menggigit papan selancarnya dan mengenai lengan atas kirinya.

“Saya sedang duduk di rumah ketika seorang peselancar bersamanya datang memberi tahu saya,” kata petugas Crowdy Beach Surf Life Saving Adam Eady kepada radio ABC.

“Saya mengambil alat pertolongan pertama pada kecelakaan saya dan syukurlah para peselancar di sana telah mengeluarkan dia dari air dan telah membalut lengannya dengan handuk dan pembalut untuk menghentikan darah, sebab ada banyak darah yang merembes ke luar.

“Luka di lengannya sangat dalam. Banyak cedera di sana,” katanya.

Serangan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Lisa Mondy (24) dijadikan sasaran ikan hiu di Nelson Bay, agak lebih ke selatan, sewaktu ia melakukan wakeboarding. Akibat serangan ini Mondy menderita luka serius di tengkuk dan lengan atas kirinya.

Adam Eady mengatakan ia telah menjalani sepanjang hidupnya di Crowdy Head dan tak pernah mendengar serangan hiu sebelumnya.

“Ada banyak ikan umpan di sekitar sini pada saat ini, dan hujan baru-baru ini membuat air sungai meluap lebih awal,” katanya.

“Saya kira ikan hiu tentu telah mengikuti arus ke pantai dan karena sudah senja, ikan hiu mengira peselancar adalah makanannya,” kata Eady.

Menurut laporan, tampaknya itu adalah ikan hiu bull, sedangkan peristiwa di Nelson bay adalah ikan hiu putih.

Menurut catatan Australian Shark Attack File, Ikan hiu termasuk hal yang jamak  di Australia tapi serangan mematikan jarang terjadi. Sebanyak 53 orang tewas dalam setengah abad ini.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS