My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Sembilan Pakar Tsunami Jepang Berangkat ke Mentawai

04 November
23:40 2010
Sembilan Pakar Tsunami Jepang Berangkat ke Mentawai

Hiu Macan 002, KKP

Padang – Sembilan pakar gempa dan tsunami asal Jepang akan berangkat ke Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, Jumat 5 November 2010 untuk melakukan penelitian kondisi Kepulauan Mentawai setelah diguncang gempa 7,2 SR disertai tsunami dengan ketinggian gelombang mencapai 12 meter.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Yosmeri, di Padang, Kamis (4/11), mengatakan, kedatangan sembilan pakar gempa dan tsunami setelah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad seusai melakukan kunjungan ke Mentawai Rabu (3/11).

Menurut Yosmeri, pengkajian yang dilakukan selama lima hari akan dimanfaatkan oleh pakar Jepang untuk meneliti kondisi Kepulauan Mentawai, apakah menimbulkan kenaikan daratan dari pada laut atau sebaliknya.

“Kesembilan peneliti tersebut, akan didampingi oleh Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Soebandono.” ungkap Yosmeri.

Adapun kesembilan peneliti tersebut terdiri dari Prof. Hideo Matsunomi, Dr. Kenji Harada, Dr. Tomita, Dr. Arikawa, Dr.Kumagai, Dr. Yuchi Migimato, Dr. Megummi Sigimato, Dr.Atsusi Kosewara.

Yosmeri mengatakan, ke sembilan ilmuan tersebut diberangkatkan menggunakan kapal Hiu Macan milik Kementrian Kelautan dan Perikanan pada Kamis (4/11) langsung menuju Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sementara itu, kapal Hiu Macan yang dikirim oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan guna melakukan evakuasi logistik dan relawan yang masih menumpuk di posko penanggulangan bencana.

Yosmeri mengatakan, kapal Hiu Macan yang dikirim oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan sebanyak tiga kapal dan satu kapal telah sampai di Mentawai.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *