My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Selama Liburan, Jumlah Penumpang Kapal Diprediksi Normal

03 Juni
17:11 2011
Selama Liburan, Jumlah Penumpang Kapal Diprediksi Normal

KMP Dharma Kartika

Sumenep – Jumlah penumpang kapal di sejumlah lintasan atau jalur di wilayah perairan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diprediksi normal selama masa liburan panjang pada pekan ini.

“Sejak Kamis (2/6), jumlah penumpang yang memanfaatkan jasa kapal kami yang melayani lintasan Kalianget, Sumenep-Jangkar, Situbondo, tidak mengalami lonjakan. Kami menduga liburan panjang pada pekan ini tidak akan meningkatkan angka angkutan pada kapal kami,” kata Kepala PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Kalianget, Wiweko Agung Wicaksono, Jumat (3/6).

Pada Kamis (2/6) pagi, Kapal Dharma Kartika milik PT DLU yang berangkat dari Pelabuhan Kalianget ke Jangkar mengangkut 42 penumpang dan pada sore harinya kembali ke Kalianget dengan membawa 56 penumpang.

Sementara pada Jumat pagi, Kapal Dharma Kartika ke Jangkar membawa 45 penumpang dan sore hari ke Kalianget mengangkut 51 penumpang.

“Jumlah penumpang kapal kami pada Kamis dan Jumat ini yang kata orang-orang merupakan masa liburan panjang pada pekan ini, masih normal alias tidak ada peningkatan. Kapal kami per harinya memang mengangkut sekitar 50 orang,” kata Wiweko mengungkapkan.

Manajer Operasional PT Sumekar, Bambang Supriyo juga menilai masa liburan panjang pada pekan ini akibat hari libur nasional ditambah cuti bersama, tidak akan berpengaruh sigifikan pada peningkatan angka angkutan kapalnya yang melayani lintasan Kalianget-Kangean, Sumenep.

“Kami menduga tidak akan terjadi lonjakan atau peningkatan jumlah penumpang pada masa liburan panjang pekan ini. Semuanya akan normal-normal saja,” ujarnya menegaskan.

Kapal milik PT Sumekar beroperasi melayani lintasan Kalianget-Kangean sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni Jumat, Minggu, dan Selasa, dengan titik pemberangkatan kapal dari Kalianget pada pukul 19.00 WIB dan kembali ke Kalianget pada esok harinya.

“Pada Jumat malam ini, kami akan mengoperasikan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) 2. Untuk sementara sesuai pengamatan kami di lapangan, kemungkinan besar tidak akan ada peningkatan jumlah penumpang. Kalau membeludak, sudah dipastikan para penumpang mulai naik kapal sejak sore hari,” paparnya.

Setiap kali beroperasi melayani lintasan Kalianget-Kangean, kapal milik PT Sumekar rata-rata mengangkut penumpang pada kisaran 100 orang.

Bambang maupun Wiweko menyatakan, peningkatan jumlah penumpang kapal yang beroperasi di perairan Sumenep biasanya terjadi ketika arus mudik dan balik Lebaran.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS