My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Sekawanan Hiu Paus Muncul di Pulau Saronde

 Breaking News
28 Juni
14:50 2016
Sekawanan Hiu Paus Muncul di Pulau Saronde

Gorontalo – Fenomen munculnya ikan hiu paus ternyata tidak hanya terjadi di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango. Kemunculan ikan yang memiliki nama latin Rhyncodon typus ini juga terjadi di Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara.

Direktur PT. Gorontalo Alam Bahari, Mia Amalia yang mengelola pulau tersebut, Selasa, mengatakan tiga ekor hiu paus muncul dalam dua hari terakhir.

“Yang muncul kemarin berukuran sekitar sembilan meter dan yang lainnya lebih kecil lagi. Mereka mencari makan di sekitar dermaga Pulau Saronde,” ujarnya.

Menurut Mia Amalia, beberapa karyawan yang bekerja di Saronde, bahkan sempat bermain-main dengan satwa dilindungi itu.

Amalia juga mengatakan bahwa di sekitar pulau tersebut banyak ikan berukuran kecil, sehingga diduga kemunculan hiu paus terkait dengan ikan-ikan tersebut.

“Kami mau mencoba untuk memberi jatah makan ikan setiap hari, untuk melihat apakah mereka akan menetap di sekitar pulau ini atau tidak,” tambahnya.

Ia mengungkapkan masyarakat setempat sudah melihat keberadaan hiu paus di perairan itu dalam sebulan terakhir, namun baru kali ini kawanan hiu berada dekat dengan bibir pantai.

Keberadaan hewan besar itu diyakini bisa menarik kunjungan wisatawan di pulau tersebut.

Pulau Saronde merupakan destinasi wisata bahari favorit di Gorontalo, dengan sejumlah fasilitas di antaranya restoran, kamar penginapan di atas laut (sea cottage), serta wahana permainan air.

Sebelumnya hiu paus muncul di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo sejak Maret 2016.

Hanya dalam seminggu, lokasi tersebut menjadi objek wisata dadakan. Tercatat ada sekitar dua ribu pengunjung yang datang setiap minggu.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *