My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Satgas: 49 Kapal Eks-Asing Lakukan Pelanggaran Berat

 Breaking News
19 Mei
19:05 2015
Satgas: 49 Kapal Eks-Asing Lakukan Pelanggaran Berat

Semarang – Ketua Satuan Tugas Illegal Unreported and Unregulated Fishing Kementerian Kelautan dan Perikanan Mas Achmad Santosa mengungkapkan bahwa sebanyak 49 unit kapal eks-asing diduga melakukan pelanggaran berat saat melaut di perairan Indonesia.

“Puluhan kapal yang melakukan pelanggaran berat itu merupakan sebagian dari 907 unit kapal eks-asing yang melanggar, sedangkan 225 unit kapal masih harus didalami terkait dengan permasalahan pajak,” katanya di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Mas Achmad Santosa usai rapat monitoring dan evaluasi Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam Indonesia di gedung Gradhika Bhakti Praja di kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah.

Ia menjelaskan bahwa pelanggaran berat yang dilakukan puluhan kapal eks-asing itu adalah tidak mengaktifkan sistem pemantauan kapal perikanan sehingga aktivitas dan koordinatnya tidak terpantau, melakukan bongkar muat hasil tangkapan di tengah laut, dan seluruh anak buah kapal merupakan orang asing.

Menurut dia, pemilik kapal eks-asing yang diduga melakukan berbagai pelanggaran itu tercatat di dokumen kapal adalah orang Indonesia, namun operasionalnya dikontrol sepenuhnya oleh pihak asing.

“Selain itu juga ditemukan adanya satu izin digunakan untuk operasional dua hingga tiga unit kapal dan ada sebanyak 49 perusahaan yang berpotensi dikenai hukuman pidana,” ujarnya.

Terkait dengan temuan berbagai pelanggaran hukum oleh ratusan kapal eks-asing itu, Mas Achmad Santosa meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan agar menindak tegas kapal maupun perusahaan yang melanggar.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS